Good morning! Setelah ketemu
abang di hotelnya semalam, tidurku jadi nyenyak sekali, sampe kesiangan bangun
malah. Padahal kita harus cabut ke sirkuit lebih pagi karena mau ngantri
Rider’s Autograph. Sebenernya sesi Rider’s Autograph masih nanti jam setengah
12, tapi kita harus ngantri sepagi mungkin biar kebagian tanda tangan rider
yang kita pinginin. Untungnya kita siap-siapnya cepet, dan jam 8 udah sampe
sirkuit.
Begitu sampe sirkuit, kita
langsung ke Foyer dekat Welcome Centre dan mulai antri di sana. Karena masih
pagi, antrian masih pendek dan kita kebagian tempat yang enak banget, masih
ketutupan tenda foyer jadi nggak panas. Kalo udah dapet antrian, kita nggak
bisa kemana-mana, karena makin siang antrian akan makin panjang dan ramai. Bisa
sih minta jalan ke orang-orang yang antri, tapi pasti mereka pada ngedumel baik
di dalam maupun di luar hati, hahaa. Jadi pilihannya, stay or leave.
Lumayan lama juga itu nunggunya,
lebih dari 3 jam dalam keadaan haus dan tadi cuma sempat sarapan bakpia. Tapi
untungnya, kita kebagian tempat yang adem jadi nunggu lama pun nggak masalah,
nggak kayak kemarin waktu antri pitlane walk yang sampai mandi keringat saking
panasnya. Sambil nunggu, karena paddock pass sudah di tangan, kita nentuin
giliran masuk ke paddock.
Sedikit disclaimer soal akses
paddock kalau punya member official, akses paddock di sini bukan berarti per
member dapet satu paddock pass. Paddock pass jumlahnya terbatas, dan tim juga
nggak bisa sembarangan ngasih. Apalagi kita dapet langsung dari Repsol Honda
yang notabene tim besar di MotoGP, jadi dapet 3 paddock pass itu sudah suatu
hal yang sangat amat patut disyukuri sekali. Karena yang bikin member juga
banyak, jadi kita bagi bergiliran 3 orang sekali masuk paddock dengan jatah
waktu 30 menit biar semua kebagian. Dan aku kebagian masuk di giliran pertama
setelah Rider’s Autograph selesai.
Entah kenapa waktu berjalan
cepat waktu nunggu Rider’s Autograph dimulai, mungkin karena nggak kepanasan
kali ya. Beda sama pitlane walk yang sempat molor kemarin, sesi Rider’s
Autograph yang dimulai jam 11.30 – 12.30 ini lebih on time. Sebelum mulai,
pihak penyelenggara sudah mengumumkan berkali-kali kalau Jorge Lorenzo dan
Valentino Rossi nggak ikut di sesi ini, padahal yang antri banyakan fansnya
Rossi.. kasian.
Oh ya, Rider’s Autograph terbagi
jadi 2 sesi, masing-masing 30 menit, dengan pembalap yang berbeda-beda.
Kemungkinan dapet tanda tangan pembalap kesayangan bisa menipis kalo antrian
kita nggak pas dengan sesi si pembalap. Misalnya ni, kita kebagian di sesi 1,
tapi ternyata pembalap yang kita mau ikut yang sesi 2. Ini masih bisa diakali
sih dengan melipir-melipir dan ngasih jalan buat yang ngatri di belakang kita
buat maju duluan, baru kita maju pas sesi 2 mulai. Yang repot kalo kita
antrinya di belakang dan pembalap yang diincer dapetnya sesi 1, yaudah deh
dadaah bye byee!
Itu pas Marquez baru datang |
Aku udah deg-degan dong, duh ini
si abang Dani dapet sesi berapa ya? Semoga sesi pertama aja, jadi aku cepet
maju, cepet selesai, cepet bisa masuk paddock. Persis jam setengah 12, pembalap
mulai berdatangan. Yang pertama diumumkan, pembalap dari tim Repsol Honda...
Marc Marquez! Dheg, dan aku semakin gugup, habis ini abang dooong! Dan bener.
Pembalap kedua yang dateng masih dari tim Repsol Honda.. Dani Pedrosa! Kyaa,
seneng deh bisa jodoh banget sama si abang gini :”)
Pembalap berikutnya
berturut-turut ada Bradley Smith, Alvaro Bautista, Scott Redding, Nicky Hayden,
sama Hiroshi Aoyama (ini kalo aku nggak salah inget ya, maklum fokusnya cuma ke
abang :p). Karena aku termasuk di antrian depan, nggak lama aku bisa langsung
naik panggung ke jejeran para pembalap. Di paling ujung kiri ada Marc, tapi kayaknya
doi lagi nggak begitu mood dan malas berinteraksi, jadi kita cuma ambil poster
yang udah ditandatangani sebelumnya. Dan poster itu juga yang terus
ditandatangani pembalap lain. Ada pembalap yang bawa posternya sendiri sih,
kayak Smith, Hayden, sama Aoyama. Tapi yang lain nggak, jadi keroyokan di
poster yang sama, termasuk Dani.
Oh ya, kita nggak boleh
foto-foto di sesi Rider’s Autograph, jadi ya sebatas minta tanda tangan di
official poster MotoGP Sepang aja. Sama boleh kalo mau minta 1 tanda tangan di
barang pribadi. Tapi aku menyiapkan 2 barang buat ditandatangani Dani, bendera
pedrosistas sama foto mozaik project ultah Dani kemaren, haha.
Dan sampailah aku di depan Dani.
Aku udah megang bendera pedrosistas ni, tapi si abang biasa aja. Dia malah
sibuk ngobrol sama Hayden sambil tandatangan barang yang kusodorin, huhuu, abang
tega banget dah masa kita dicuekin gini. Bang, adek udah antri dari pagi baang?
Kemanaa abang yang baik banget semalem?? *mulai deh, drama, haha.* Tapi katanya Dani emang gitu kalo pas meet and greet, tahun kemaren juga doi sibuk ngobrol
sama pembalap lain (mbuh siapa :p).
Meskipun nyebelin nggak apa-apa
deh, yang penting udah ketemu lagi dan dapet tanda tangan abang. Begitu sampe
ujung kita langsung turun, beresin poster, terus jalan ke Main Grandstand buat
masuk paddock. Keluar dari area foyer baru deh berasa banget panasnya Sepang,
dan ternyata antrian meet and greet masih panjang banget sampe tengah Mall Area.
Aku beruntung banget karena dateng pagi, nggak kepanasan, dan langsung ketemu
Dani. Kasian yang dateng siangan, mereka pasti kepanasan.
Oya sama Dina nggak langsung
ikut masuk ke Main Grandstand. Oya nyangkut di booth merchandise official dulu,
hahaa. Aku yang jelas nggak punya dana berlebih buat beli barang official yang
harganya selangit nggak ikutan mampir dan jalan terus masuk ke Main Grandstand
bareng 2 member lain, Novi sama Ela.
Di dalem ketemu sama Tristan
yang milih nggak ikut Rider’s Autograph dan nongkrongin abang di paddock. Kita
gantian, dan giliran aku sama Novi dan Ela yang masuk paddock. Kalo kemaren
masuk pake paddock pass dari tim Paginas Amarillas, kali ini dari tim Repsol
Honda, heuheu. Misi masih sama, foto bareng sama Dani!
Di paddock yang panas, kita
langsung nongkrong di depan hospitality Repsol Honda. Ada om Doraemon lewat, eh..
om Shuhei Nakamoto maksudnya, aku sapa aja, “Nakamoto-san, would you like to
take a picture with me?” Dan om Nakamoto jelas mau doong. Kayaknya orang di
paddock ini emang pada baik-baik deh, kecuali om Raul (gemes gara-gara ditolak
kemaren). Habis foto sama om Nakamoto, ada om Emanuel Buchner juga keluar dari
garasi. Om Emanuel ini mekanik Dani yang juga om kesayanganku setelah om Raul,
om yang selalu menyambut Dani dengan senyum lebarnya di parc ferme. Dan om satu
ini emang kerjaannya senyam senyum mulu, haha. Aku ngajak foto bareng, tapi
ternyata entah gimana fotonya tadi nggak berhasil keambil, aku nyadarnya pas
udah balik ke Main Grandstand lagi, huhuu, sedih.
Nggak lama setelah foto sama om
Emanuel, Dani keluar dari garasi. Ahahaa, si abang keluar bawa sepiring
muffin. Aku langsung ngajak foto bareng, tapi si abang bilang ‘wait a
minute’ dan masuk ke hospitality. Bener-bener cuma semenit karena Dani cuma
masuk ke hospitality buat naro piring muffin tadi (yah bang, kenapa nggak buat
kita aja itu muffinnya, daripada dibalikin kan? *eh).
First try |
Dani keluar dan menepati
janjinya. Si abang pun kembali kuajak berselfie ria, tapi fotonya nggak okee,
si abang aja silau kepanasan gitu. Jadi begitu giliran Novi sama Ela foto sama
abangnya udah, aku ngajak abang foto lagi. Untung abang mau. Dan kali ini
sukses, foto terkece selama di Sepang! Mission accomplished!! Daninya ganteng
banget lagi, senyumnya itu lho ampuun.. :”)
Second try and.. sukses! |
Btw, Dani kembali baik hati kalo
ditemui secara personal gini. Pas foto pertama kali aja, Dani sabar banget
nunggu aku ngeset kamera depan hape yang ternyata timernya masih nyala. Aku
agak gemeteran sampe minta maaf dan bilang, “sorry Dani, i’m so nervous when i’m
besides you.” Dani juga mau diajakin foto lagi karena yang tadi nggak oke hasilnya.
Aduh bang, baek banget sih kamu. Ini keluar balikin piring muffin sendiri juga
sengaja kan biar kita ketemu? *yak, mulai delulu*
Selesai foto, Dani pun masuk ke
garasi lagi karena mau siap-siap FP4 dan kualifikasi. Tak lupa aku meneriakkan
good luck buat hari ini sama besok. Hoho, kalo biasanya cuma ngucapin good luck
via media sosial, kali ini aku bisa ngucapin langsung ke abang :”)
Begitu Dani masuk, ada Stefan
Bradl lewat lagi. Kali ini kucegat dan kuajakin foto, tapi yah hasilnya gitu
deh. Sudut ambil fotonya persis kayak foto pertama sama abang, jadi gelap. Btw karena
udah ketemu abang dan nggak ada rider lagi yang bisa dicegat, kita balik ke
Main Grandstand lewat tunnel 1 buat gantian paddock passnya sama Oya dan Dina.
Enjoying the empty Main Grandstand |
Habis itu aku anteng duduk di
Main Grandstand sambil nonton kualifikasi Moto3. Di hari kedua, telingaku
rupanya sudah beradaptasi sama suara mesin motor-motor yang super berisik itu.
Jadi aku nggak beli ear plug, lumayan menghemat RM 5, hehe. Kelar kualifikasi
Moto3 dan Jack Miller yang dapat pole position, sesi lanjut dengan FP4 MotoGP. Di
hari Sabtu, area grandstand lebih ramai orang, nggak kayak Jum’at kemarin yang
masih sepi. Tapi tetep masih banyak tempat kosong sampai aku bisa duduk
ongkang-ongkang kaki macam begini, haha.
Musholla SIC |
Kalo di zoom itu Dani lagi foto post kualifikasi |
Oh ya, kalau hari Jum’at kemarin
aku milih duduk di depan garasinya Dani, pas hari Sabtunya aku pindah ke depan
podium. Biar bisa liat-liat parc fermenya, dan untungnya Dani besok pas balapan
start di front row (P2), jadi bisa liat Dani yang lagi diwawancara di parc
ferme (meski sejujurnya nggak keliatan jelas, jauh sih, haha). Tapi gara-gara
kelamaan nongkrongin parc ferme, aku jadi nggak liat press conference post
qualifying di layar gede sebelum start/finish. Yah, nggak liat abang
garuk-garuk muka deh.
Selesai kualifikasi MotoGP masih
ada sesi kualifikasinya Moto2, aku nggak mau nonton karena mau langsung cabut
cari oleh-oleh ke Chinatown. But the problem is, aku mau pergi sama Oya dan
Dina, tapi mereka masih nangkring aja di paddock. Jadi aku sama Tristan masuk
lagi ke paddock, kali ini aku pinjem pass-nya Zahra yang kebetulan lagi
nganggur.
Di dalam paddock, mereka masih
nongkrong di depan garasi Dani, dan daritadi tak tampak keberadaan Dani sama
sekali. Hehe, jadi tadi aku beruntung dong baru dateng bentar udah langsung
ketemu abang lagi? Alhamdulillah, rejeki anak soleh :”)
Om Emanuel itu hobinya nyengar nyengir gitu |
Liat Om Emanuel di pojok belakang deh, dia ikutan nyengir gitu pas kita foto. Kocak! |
Sama fans Dani dari Thailand |
Tak ada Dani, aku malah ngiderin
paddock yang super hot sampe ujung (tapi nggak ketemu siapa-siapa). Nongkrongin
om Emanuel yang lagi cuci-cuci. Foto-foto. Motoin Tristan sama Stefan Bradl
(kan, ada Stefan lagi! Kayaknya dia pembalap yang paling sering mondar mandir
di paddock deh, tiap aku masuk pasti aja ketemu). Foto sama fansnya Dani juga
yang dari Thailand (semoga aku nggak salah inget negara :p). Sampe foto sarang
lebah yang ada di depan garasi Repsol Honda, bikin kita kudu super ati-ati kalo
nongkrongin si abang, haha.
Tapi karena tak ada tanda-tanda
keberadaan Dani, jam setengah 5 kita cabut keluar sirkuit. Kalo biasanya pulang
pergi naik taksi, karena ini kita mau ke kota, jadi kita milih transport yang
biasa dipake orang-orang yang nginep di daerah kota.. RapidKL. Di deket pintu
masuk main gate ada shuttle bis yang datang tiap beberapa menit sekali dan
shuttle ini yang akan nganterin kita ke tempat naik bis ke tujuan kita di kota,
tempatnya di dekat tulisan Sepang International Circuit (tulisan yang tahun
lalu cuma kulihat dari bis yang berjalan dan itu aja udah bikin seneng banget).
Karena bareng bubaran kualifikasi Moto2, shuttle bis yang berhenti cepet sekali
penuh. Untung bisnya banyak.
Sampai di tempat pemberhentian,
kita cari tiket untuk RapidKL dulu. Ada 3 macam tujuan, KLIA, KLCC, dan KL
Sentral. Harganya beda-beda, ke KLIA karena lebih dekat hanya RM 10, sementara
KLCC dan KL Sentral harganya sama-sama RM 18. Antriannya juga beda, yang ke
KLIA paling sepi, ke KLCC lumayan rame, dan yang ke KL Sentral paling rame. Kita
milih yang ke KL Sentral, biar gampang naik LRT ke Chinatownnya. Naik yang ke
KLCC juga bisa sih, nanti turunnya di dekat Twin Tower, tinggal turun ke
stasiun LRT deket situ. Tapi kita udah terlanjur antri di barisan KL Sentral,
jadi ya udahlah.
Bis berangkat tiap 15 atau 30
menit sekali, jadi lumayan juga nunggunya. Sembari nunggu, lumayan bisa buat
foto-foto. Meskipun ada deretan toilet pink yang sedikit mengganggu pemandangan
:p. Setelah menunggu sekitar setengah jam, akhirnya bisnya datang dan
alhamdulillah kebagian tempat duduk. Kalo harus berdiri padahal perjalanannya
kira-kira 1 jam, nggak sanggup aku.
Bis yang dingin enak banget buat
tidur-tidur ayam. Apalagi capek habis dari sirkuit dan di luar ternyata hujan.
Sekitar jam 8 bis sampai di KL Sentral dan alhamdulillah hujan sudah reda. Kita
terus naik LRT ke Pasar Seni yang cuma berjarak 1 station, ongkosnya RM 1.
Tahun lalu aku udah pernah turun di Pasar Seni, dan masih inget daerahnya.
Tapi, aku belum pernah ke Chinatownnya. Jadi setelah malah nyusurin beraneka
penjual makanan di sisi Central Market (pernah masuk situ dan barangnya
mahal-mahal, jadi ogah masuk lagi) dan sadar kalau salah jalan, barulah aku
nyalain google maps. Hahaa, baru ini aku jalan kaki nyalain google maps! Tapi
emang terus ketemu sih, hahaa, thanks to google maps! (Padahal nanya orang juga
bisa)
Chinatown Kuala Lumpur atau
sering juga disebut Petaling Street ini sama aja kayak Chinatown di Singapura.
Cuma, Chinatown KL yang jual souvenirnya nggak sebanyak di Singapura. Jadi ya
pilihannya nggak banyak. Tapi yang penting yang kucari ada, tempelan kulkas
sama kaos. Aku kalo mau liburan pasti sudah memplot mau beli oleh-oleh apa aja
sih, karena belum lama ini ada yang ngasih gantungan kunci KL, jadi yaudah aku
pengen beliin tempelan kulkas aja. Sama kaos buat adek-adekku. Tempelan kulkas
harganya RM 10 untuk 4 biji, dan kaos RM 6 per bijinya. Lumayan juga aku beli
oleh-olehnya sampe plastiknya berat dan habis RM 90, lumayan ngabisin isi
dompet banget, hahaa. Belum lagi pas masih tambah beli coklat di KL Sentral yang pake dibela-belain tuker ringgit dulu segala.
Urusan oleh-oleh beres, kita
naik LRT balik ke KL Sentral. Rencananya mau makan malam di KL Sentral, tapi
karena bingung mau makan apa, kita memutuskan langsung balik ke stasiun Nilai
aja naik KTM Komuter dan makan nasi goreng di dekatnya lagi. Tapi keretanya
agak molor dari jadwal, dan dapetnya nggak yang bagus pun, beda sama pas kita
mau jalan ke Twin Tower. Udah gitu perasaan keretanya jalannya lambat dan agak
nggak meyakinkan, tapi nyampenya sama sih, sejam-an juga. Tapi ya sampe stasiun Nilai lagi-lagi
udah malem juga.
Sebelum balik hotel makan dulu
di tempat biasa, warung nasi di depan Sevel Nilai. Kalo sebelumnya aku pesen
nasi goreng kampung, kali ini pesennya nasi goreng biasa. Harganya sama-sama RM
4, tapi enakan yang nasi goreng biasa sih menurutku. Soalnya berkecap, beda
sama nasi goreng kampung yang cenderung putih, rasanya asin-asin doang, hehe.
Perut kenyang, waktunya balik ke
hotel. Kali ini naik taksi dong. Nggak apa-apa deh keluar duit lagi, daripada
jalan dan harus melalui malam yang mencekam lagi gara-gara digonggongin anjing
sepanjang jalan, haha *masih trauma*. Sampe hotel waktunya istirahat, besok
race day dan harus berangkat pagi lagi. So, see you again tomorrow! *tidur
sambil senyum karena dapet selfie cakep sama abang*
cara dapetin paddock passnya itu gimana ya mbak??? boleh share infonya?
ReplyDeletety
Oh itu privilege kalo ikut official fans club Dani.. :)
Deleteaq sama tmn rencana pgn nonton live sepang 2016 bsk, kira2 bisa brg ga ya di sirkuitnya, biar ada guide heheee
ReplyDeleteapakah ada dijual tiket khusus ke paddock nya gtu mbak?
ReplyDeleteBisa pake VIP village..
DeleteCuma punya dani aja yang bisa masuk? Cara nya gimanana ya Kalo mau ikut?
ReplyDeleteKaa kalo yg paddock pass itu yg dikasih dr official cuma berlaku untuk 1 hari aja?
ReplyDelete