Tuesday, October 6, 2015

Derita Asma Kambuh

Sepertinya aku memang punya bakat alergi, salah satunya asma. Asma ringan kalo kata dokter waktu periksa jaman kuliah dulu. Karena masih tergolong ringan, lebih sering diemin aja pas timbul serangan. Kalo sudah mulai agak mengganggu, baru minum salbutamol tablet, itu pun dosis terkecil yang 2 mg. Biasanya sih terus mendingan.

Nah, semalem asmaku tiba-tiba kambuh. Entah pencetusnya apa, kecapekan perasaan nggak, stress juga nggak, dan nggak juga cari gara-gara sama faktor pencetus macam debu dan semacamnya. Awalnya didiemin seperti biasa, tapi kok yang ada makin megap-megap kayak ikan mas koki? Yaudah akhirnya memutuskan minum obat (itu juga disuruh dulu sama dokter jaga RS). Masalahnya, udah dicari kemana-mana kok salbutamolku nggak ketemu ya? Harusnya sih masih punya stok. Harusnya, maklum udah lama nggak minum. Tapi nihil, udah bongkar-bongkar semua tas nggak nemu juga.

Untunglah adekku yang baik hati mau balik bentar dari RS demi nganterin salbutamol. Kuminum lah itu obat. Setengah jam, satu jam, satu setengah jam, dua jam, kok masih sesek ya? Jam 11-an malem mulai ribet lah cari anti radang, untungnya lagi adekku punya stok di rumah, dexamethasone tablet. Kuminum lagi, dan berusaha tidur. Alhamdulillah bisa tidur nyenyak.

Tapi subuh pas bangun, kok masih sesek?

Jadilah sebelum berangkat kerja minum salbutamol lagi. Dan begitu sampe RS, langsung minum metilprednisolon 4mg tablet juga. Harusnya mendingan dong ya? Wong udah ditambah anti radang yang lebih kuat.

Tapi nyatanya nggak, napas masih aja rasanya susah. Meski tetep bisa kerja seperti biasa sih, untungnya juga pasien lagi nggak rame. Karena rasanya belom juga mendingan, akhirnya aku mau dinebulizer (padahal udah disuruh dari tadi).


Haha, jadilah untuk pertama kali dalam hidup aku dinebulizer! Atau bahasa awamnya diuap. Teorinya, jalan napas akan lebih cepat lega karena obatnya langsung masuk ke paru-paru, nggak belok kemana-mana dulu dibandingkan kayak kita minum tablet. Dan aku udah pake combivent unit dose yang kata pasien sih kebanyakan langsung enakan setelah pake itu.

But the problem is, habis dinebu aku masih tetep sesek. Haha, sumpah ini episode kambuh terlama, dari isya sampe besok siangnya masih aja napas rasanya berat. Udah diperiksa dokter, tapi nggak ada wheezing atau bunyi-bunyi aneh. Nggak ada batuk, nggak ada keluhan gastritis. Selain susah napas, nggak ada keluhan lain. Jadi bingung kenapa juga nggak sembuh-sembuh?

Tanpa bertanya ke dokter, habis makan siang aku minum salbutamol, yang 4 mg lagi. Sebelum minum obat udah mulai tremor gitu. Terus selang 10 menit, rasanya badan mendadak lemes kayak nggak punya tenaga. Jadi mengungsilah aku ke kamar pasien buat tiduran.

Mungkin karena tampak mengkhawatirkan, pada hebohlah nyuruh injeksi ranitidin lah, diinfus lah. Disuntik? Dicucuk? Noooo, bukannya takut, tapi aku merasa kondisiku nggak separah itu jadi semuanya kutolak. Hehe, tekanan darah emang rendah banget sih 80/50 mmHg makanya rasanya kayak hampir pingsan. Tapi selain lemes, rasanya aku baik-baik aja. Iyaa, aku emang pasien bandel. Sampe diomelin dokter gara-gara masih diminum aja itu salbutamolnya padahal nggak ada wheezing (dan aku belom bilang aku minum yang 4mg, pasti tambah kena omel).

Jadii dengan meminum salbutamol pas makan siang itu emang aku jadi lemes banget dan jantung sempat berdebar karena kelebihan dosis, tapi habis itu asmanya sembuh. Hehehe, win-win? No?


Gak apa-apa, yang penting sembuh. Maaf ya bu dokter, pasienmu ini bandel, disuruh apa-apa nggak mau. Besok-besok nggak boleh lupa lagi stok salbutamol, oke ibu Apoteker? Dan asma, kalo kambuh yang cepet aja ya sembuhnya. Eh, nggak kambuh jauh lebih bagus..

No comments:

Post a Comment