Sunday, December 22, 2013

Review Reply 1994: Who is The Husband?


Familiar dengan Reply 1997 yang tayang tahun kemarin dan bikin penasaran bahkan sampe episode terakhir? Nah, Reply 1994 meskipun bukan dimaksudkan sebagai sekuelnya, tapi drama ini mengusung formula yang sama. Alurnya maju mundur dan terasa gelap, bukaan, bukan dramanya suram, maksudnya banyak hal yang nggak tertebak di drama ini. Tokoh utama drama ini, Sung Na Jung yang berusia 20an, fangirlnya Lee Sang Min, seorang pemain basket. Nah, pertanyaan utama drama ini adalah siapakah suami Na Jung? Reply 1994 sudah berjalan 17 episode dari 21 episode yang direncanakan, tapi sampai saat ini belum terkuak siapa sebenarnya suami Na Jung. Klunya, nama asli suami Na Jung adalah Kim Jae Joon.

Ada 5 kandidat utama. Ssereki Oppa. Chilbongie. Haitai. Bingguere. Sam Cheon Po. Masalahnya, semua kandidat ini namanya nama panggilan atau julukan semua.

Kandidat pertama, Sam Cheon Po, sudah bisa dicoret dari daftar karena ia ternyata suami Yoon Jin. Cute couple ini udah pacaran sejak 1994 dan lucunya, meski mereka sering pake kaos couple, orang lain suka mengabaikan kalo mereka pasangan. Masa pas Sam Cheon Po sama Yoon Jin ngunjungin Haitai yang lagi wamil, seniornya Haitai malah ngira Yoon Jin pacarnya Haitai dan Sam Cheon Po dikira gurunya Haitai, hahaa, mukanya Sam Cheon Po boros banget sih padahal dia lebih muda dari Yoon Jin lho. Di tahun 2013, Sam Cheon Po dan Yoon Jin yang udah punya 4 anak pun masih tetap mesra. Dan ternyata, nama asli Sam Cheon Po adalah Kim Sung Gyun.

Kandidat kedua, Bingguere, juga bisa dicoret dari daftar. Dari awal Bing2 memang nggak tampak bakal ada hubungan sama Na Jung sih, dan banyak yang mengira kalo Bing2 gay karena tampaknya tertarik sama Ssereki Oppa. Ssereki Oppa jelas bukan gay dan menganggap Bing2 dongsaengnya. Jangankan kita, Bing2 aja bingung sama perasaannya. Tapi untunglah Bing2 akhirnya sama noona Die Die, sunbaenya di kampus, menikah dan hidup bahagia. Legaa banget liat pasangan ini, kasian aja gitu kalo Bing2 ternyata gay. Dan tau nggak siih, yang jadi cameo pasangan Bing2 itu yang jadi Im Meahri! Suka ih, setelah Yoon Ahjussi, ternyata Im Meahri jadi cameo juga. Ah, btw nama asli Bingguere adalah Kim Dong Joon.

Kandidat ketiga, Haitai, belum bisa dicoret sepenuhnya dari daftar sih. Tapi feelingku, sama sekali bukan Haitai. Haitai akan punya loveline sendiri. Awalnya sih kayaknya Haitai memang tertarik sama Na Jung, tapi akhirnya dia memutuskan jadi teman yang baik untuk Na Jung. Great chingu! Akhir-akhir ini tapi porsi Haitai kecil sekali sejak dia masuk wamil. Tapi sebentar lagi Haitai bakal kelar wamil dan sepertinya cerita akan mulai berfokus ke dia. Dari yang udah terungkap sih, Yoon Jin bilang kalo Haitai sama pasangannya saat ini udah 15 tahun. Na Jung malah bilang kalo lebih dari itu. Naah, kira-kira Haitai sama siapa yaa? Ada yang bilang kemungkinan Haitai bakalan sama cinta pertamanya, Ae Jung. Tapi kita liat aja nanti! Oh ya, nama Haitai yang sebenarnya kayaknya belum terungkap.

Kandidat keempat, Chilbongie, sama sekali belum bisa dicoret dari daftar. Seperti kata Chilbong, “It’s ain’t over until it’s over”. Chilbong yang ganteng dan pantang menyerah ini menarik banyak orang untuk masuk ke #TeamChilbong, yang sayangnya nggak begitu realistis. Haha, kejam ya? Ya gimana, udah episode segini belom ada tanda-tanda kalo Na Jung bakalan berpaling ke Chilbong dan Chilbongnya lagi jauh gitu di Jepang. Dan nama Chilbong sebenarnya belum terungkap.

Kandidat kelima sekaligus utama, Ssereki Oppa! Dan sebagai #TeamOppa aku yakin 94% kalo Oppa suami Na Jung. Yang 6% buat jaga-jaga kalo writer-nimnya tau2 trolling with us. Dari awal Na Jung cuma suka sama Oppa. Oppa sih awalnya nggak jelas suka Na Jung juga apa nggak, tapi akhirnya Oppa ngaku juga kalo dia juga suka Na Jung. Haha, suka banget liat lovey dovey pasangan ini. Dan di episode 17 kemarin, Ssereki Oppa udah ngelamar Na Jung, di tahun 1997. Sementara Na Jung baru nikah di tahun 2002, nah kalo kata penggemar Reply 1994 di soompi, tahun 1998 mungkin keluarga Na Jung kena dampak dari krisis moneter di tahun 1998 terus habis itu Oppa pergi wamil, baru deh nikah sama Na Jung. Haha, semoga saja bener begitu ya, masa Na Jung udah nerima lamaran Oppa malah nikah sama yang lain. Dan nama asli Oppa, Kim .... Joon. Hoho.


Tapi ya, mengingat di Reply 1997 semuanya baru terungkap di episode terakhir, aku khawatir Reply 1994 akan bernasib sama. Banyak yang mulai bosan dengan alur cerita yang dianggap melambat dan pengen cepet-cepet terungkap siapa suami Na Jung biar selanjutnya bisa fokus ke masing-masing karakter dan banyakjuga yang membandingkan sama Reply 1997 yang alurnya terasa lebih cepat. Well, kalo aku sih yang penting Ssereki Oppa suami Na Jung, mau terungkap kapan juga nggak masalah. Lebih cepat lebih baik, tapi feelingku sih ini bakalan fokus ke masing-masing karakter dulu, setelah minggu kemarin jatahnya Binggeure, minggu ini sepertinya jatahnya Haitai. Dan aku juga penasaran Chilbongie akhirnya sama siapa, semoga saja dia akhirnya berbahagia meskipun itu bukan Na Jung (hidup #TeamOppa!! :p). Dan kalo dibandingkan sama Reply 1997 yang terasa lebih cepat, ya episodenya lebih sedikit dan per episode bervariasi dari 30-45 menit, baru beberapa episode terakhir yang sampe 1 jam. Sementara Reply 1994, 1 episodenya bisa sampe 1,5 jam ya wajar lah kalo rasanya lebih lambat.

Dan kejutannya, semua pemain inti Reply 1997 jadi cameo di Reply 1994. Wohoo, kita ketemu lagi sama Shi Won, Yoon Jae, Joon Hee, Yoo Jung, Hak Chan, dan Sung Jae! Haha, ceritanya Ssereki lagi magang di RS di Busan di tahun 1997 dan ketemu sama geng itu di bis. Ssereki malah cari gara-gara sama Shi Won soal H.O.T, akibatnya Ssereki luka parah sampe harus pake penyangga leher dan tangan. Salahmu sendiri, Ssereki Oppa! :p. Dan di tahun 2013, ternyata apartemen Na Jung tetanggaan sama apartemen Shi Won dan Yoon Jae dan papa Sung ketemu sama papa Sung satunya lagi, hahaa, lucu bingitss! Pemeran papa sama mamanya Na Jung kan sama kayak papa mamanya Shi Won.


Tinggal 4 episode tersisa, semoga saja endingnya memuaskan dan writer-nim cepet udahan main tebak-tebakannya. Dan semoga suaminya Na Jung beneran Ssereki Oppa! :D 

Note: Sebenernya tulisan ini sudah selesai beberapa hari sebelum episode 18 dan 19 tayang, tapi terkendala sinyal jadi malah nggak diposting2 dan mau ngupdate lagi males, haha. Belum nonton juga episode minggu ini, kayaknya sih heartbreaking buat Na Jung – Oppa, jadi minggu ini libur streaming dulu deh. Spoiler: siapa suami Na Jung belom ketebak juga sampe episode 19.

1 comment:

  1. aku setuju..... aku lebih suka Na Jung nikah sama Oppanya sesuai dengan impiannya yg pengen nikah sama kakaknya kelak... dari awal udah kecantol sama Trash.... ya siapa suruh chilbong datangnya belakangan. hehehe udah klop banget liat na jung sama si Trash.... apalagi kissing nya itu....hahaha

    ReplyDelete