Wednesday, April 10, 2013

First race of MotoGP 2013, GP Qatar


Dengan penuh tekat untuk nonton race pertama motogp Qatar yang tayang jam 3 pagi, aku pindah tidur ke kamar mama yang ada tivinya dan nyalain alarm di dua hape sekaligus. Dan mungkin karena saking niatnya, aku bahkan udah kebangun sebelum alarm nyala dan pas nyalain tivi, pas banget pembalap-pembalapnya lagi siap-siap di starting grid dan masih sempet denger prediksi Matteo sebelum race.

Jam 3 dinihari tepat, race start. Lorenzo yang start dari pole position langsung melesat di posisi terdepan, diikuti Pedrosa yang mengambil alih tempat Cal Crutchlow, Marquez dan Rossi ada di posisi agak belakang. Di lap-lap awal Rossi sempat kececer karena sempat melebar waktu mau overtake. Dan sesuai prediksi, motogp dengan line up baru ini memang lebih seru. Lorenzo yang emang cepat dari awal semakin tak terkejar, bahkan oleh Pedrosa. Posisi Pedrosa di tempat kedua kurang aman, dia ditempel Crutchlow dan Marquez di belakangnya. Marquez di balapan pertamanya langsung tampil mengejutkan, dia nyalip Crutchlow dan ada di posisi 3 di belakang Pedrosa. Selama beberapa lap, Marquez terus menempel Pedrosa. Pedrosa sudah berusaha menahan biar dia nggak disalip, tapi nggak berhasil, Marquez akhirnya bisa nyalip Pedrosa di trek lurus.

Balapan masih tersisa beberapa lap saat akhirnya Rossi bisa melepaskan diri dari barisan tengah dan menyodok ke depan. Sett, Rossi gampang aja gitu ngelewatin Pedrosa. Selanjutnya penonton diberi suguhan salip-salipan antara Rossi dan Marquez, pertama Rossi bisa ngelewatin Marquez, terus disalip balik sama Marquez, eh akhirnya Rossi bisa nyalip lagi dan mengamankan posisi kedua saat finish di belakang Lorenzo. Gilaaa! Pertarungan veteran sama debutan. Pedrosa yang akhirnya finish di posisi keempat jadi nggak kebagian podium.

Menurut sebagian orang yang merupakan fansnya Valentino Rossi atau mereka yang menunggu debut Marc Marquez balapan ini pasti seru. Ya memang seru sih, tapi antiklimaks buatku, udah dibela-belain melek jam 3 pagi, ternyata Pedrosa nggak kebagian podium, huhuu..

Dan, kekhawatiranku terbukti. Jadi sebelum race, aku sempet nulis di tumblr kalo aku deg-degan nunggu race pertama. Aku khawatir sama performa Marquez. Dan bener aja, race pertama dia langsung naik podium, bahkan dia bisa ngasih perlawanan ke Rossi, aak, Marquez gila! Rossi juga, sejak kembali ke Yamaha, dia kembali bertaji. Lorenzo? Lah, dia malah kayak balapan sendirian, saking nggak ada yang bisa ngejar, ada di posisi pertama dari start sampe finish. It was a great start of the season for Lorenzo.

So, how’s about Pedrosa? He’s a little bit unlucky last week. Dari sesi free practice, memang keliatan ada masalah di motornya, gangguan kecil saat masuk dan keluar tikungan bikin dia ada di luar 5 besar catatan waktu pembalap. Membaik saat kualifikasi, karena Pedrosa bisa mencatatkan waktu terbaik ketiga dan berada di grid pertama saat start. Tapi ternyata saat race masih ada masalah di setup motor dan pasir di lintasan mengurangi grip ban. Di blognya, Pedrosa bilang dia sudah mencoba mengubah riding stylenya untuk mengamankan posisi, tapi tetap saja tidak cukup gripnya, dia merasa sudah belajar banyak dari race dan sudah berpikir soal GP selanjutnya di Austin. Okelah, he’s moving on. So, i’m gonna moving on too.

Race pertama ini cukup memberi gambaran soal bagaimana musim ini berjalan, pertarungan utama tetap dipegang Lorenzo, Pedrosa, Rossi, dan Marquez, meskipun bukan nggak mungkin pembalap lain meramaikan suasana. Bakalan jauh lebih seru dari tahun kemaren, sekaligus bikin tambah sport jantung, soalnya kalo posisi Pedrosa terancam aku juga merasa terancam, haha. Semoga fighting spirit Pedrosa bisa sebagus separuh musim terakhir tahun kemarin, next race kita harus bikin pembalasan, okay Dan?? First podium at Austin! kalahkan mereka Daan! FIGHTING!!

No comments:

Post a Comment