Friday, April 26, 2013

Persiapan 5 Days Escaping to Singapore – Kuala Lumpur


Sebenernya ya, aku sama sekali nggak bermimpi bisa keluar negeri tahun ini, mengingat resolusiku tahun ini baru sampe ke bikin paspor. Tapi ternyata semesta berkonspirasi untuk aku bisa go international! #halah. Jadi, ide keluar negeri ini tiba-tiba muncul akibat kekecewaan gagal terbang ke Lombok gara-gara Batavia Air tau-tau pailit aja gitu. Partner liburanku yang sebenernya pengen ke Singapura, aku yang sebel karna batal liburan ke pantai cakep menyambut dan minta ikut kesono. Eh ndilalah pas itu Air Asia lagi ada promo lumayan, jadilah kita langsung berburu tiket buat terbang bulan April, dan dapet! Harga tiketnya 472.000 PP Balikpapan – Kuala Lumpur, wihiiw, murah kan? Loh, bukannya mau ke Singapur, kenapa ambil flight ke Kuala Lumpur? Haha, jadi dari Balikpapan flight langsung Air Asia adanya ke Kuala Lumpur, kalo mau ke Changi kudu ambil dua flight, transit ke Jakarta, jatohnya bisa mahal. Lagian lumayan juga bisa liat-liat Kuala Lumpur bentar, jadi dua negara terlampaui. :D

Kita beli tiket Air Asia awal Februari buat terbang April, sengaja ambil rentang yang nggak terlalu jauh, maklum trauma sama tiket promo Batavia buat terbang 6 bulan kemudian yang gagal. Beres urusan tiket, lanjut ngurus paspor. Begitu paspor jadi langsung excited banget, kyaa aku punya paspooor! *haha, lebay yak?*

Oyaa, yang mau beli tiket Air Asia ada sedikit tips, jadi harga tiket yang kita beli itu baru harga tiketnya, airport tax sama fuel surcharge, kalo bayarnya pake kartu kredit nanti kena processing fee, yang mana aku harus bayar Rp 54.000 untuk tiket PP, lumayan ya? Total harga tiket yang harus kubayar Rp 472.000, tanpa bagasi. Kalo mau pake bagasi soalnya nambah bayar, Rp 105.000 untuk 15 kg sekali terbang, karena nggak mau biaya tiket membengkak gara-gara biaya bagasi, dengan bismillah aku memutuskan untuk backpackeran aja, meskipun dari hari ke hari aku khawatir , cukup nggak ni bawaanku ntar, haha. Jadi, pilihan beli bagasi aku skip. Pilihan hot seat atau pilih-pilih kursi juga aku skip *mau duduk mana aja toh nyampenya sama aja kan? :p*. Asuransi juga diskip. Pilih menu selama penerbangan juga aku skip. Intinya yang nggak penting-penting diskip aja, biar harga tiket tetap murah bin irit :p. Buat yang belum punya paspor dan mau berburu tiket keluar negeri nggak masalah kok, kita bisa cari tiket dulu, baru cari paspor. Pilihan masukkan nomer paspor masih bisa pake nomer identitas (ktp). Yang penting sih yakin kalo sebelum berangkat paspor udah beres, dan pastikan nama yang kita masukkan buat beli tiket sama dengan nama di paspor kita nantinya.

Tiket oke. Paspor oke. Selanjutnya cari hostel. Nah, partner liburanku yang super rajin udah membuat review plus minus beberapa hostel yang secara harga dan lokasi cocok, aku tinggal milih, haha, enak kan? Kita sepakat buat booking ABC Backpacker Hostel, yang masuk budget dan lokasinya strategis, deket banget sama bus stop dan lumayan deket dari MRT station. Hostelnya reviewnya oke dan di daerah Bugis, gampang cari makanan halal dan deket pun sama Masjid Sultan. Oya, kalo mau booking hostel bisa via hostelworld.com atau hostelbookers.com, banyak banget pilihan disana, yakin bakalan pusing milihnya. Tapi, untuk si ABC Backpacker Hostel yang kita pilih ini bookingnya langsung ke website si hostel dan kita harus ngecek ketersediaan kamar di tanggal yang kita inginkan dulu. Awalnya, partner liburanku yang ngontak hostelnya, tapi untuk 4 bed female dorm yang kita inginkan penuh buat tanggal liburan kita. Sempet pusing cari hostel gantinya, soalnya ABC itu udah yang paling sesuai budget dan paling sreg dibanding yang lain. Tapi selang beberapa hari, aku iseng booking lagi, eh ternyata female dormnya available, yay! Nah, yang beda dari kita booking di hostelworld atau hostelbookers yang umumnya DPnya 10%, kemaren ini aku booking DPnya 50%. Sempet ragu, tapi daripada pusing-pusing nyari yang lain lagi, yaudah deh dibayar aja itu DP biar 50% juga. Percaya aja lah sama hostelnya, haha. Aku pesen 2 bed buat 2 malam itu $96, jadi tarif semalam $24 buat 1 orang, masuk budget lah. Tarifnya sama kalo kita langsung datang tanpa booking dulu, tapi sebagai orang yang well planned dan ogah ribet baru nyampe kudu nyari hostel yang kosong, mending booking dulu deh. Dan memang lebih disarankan untuk booking tempat nginap dulu ya, soalnya di imigrasi Singapura kita harus ngisi form kita nginep dimana selama di Singapura.

Nah, kelar urusan booking hostel, partner liburanku sibuk lagi bikin itinerary dan aku tinggal ngasih masukan-masukan. Apa sih pentingnya bikin itinerary? Secara teori, biar kita begitu sampe tempat  tujuan nggak blank dan bisa memaksimalkan waktu yang kita punya. Tentukan tempat-tempat apa aja yang pengen didatangi, dan rute yang paling enak untuk ditempuh dalam sehari. Rencana liburanku itu 5 hari termasuk perjalanan, dengan Singapura sebagai tujuan utama dan Kuala Lumpur buat numpang lewat, beginilah kira-kira itinerary-nya:
Day 1. Bpp – KL. KL Sentral. Jalan ke Petronas. KL sentral. Naik kereta KL- Singapur.
Day 2. Sampai Singapur. Ke stasiun MRT beli STP. Ke hostel naro tas. Jalan-jalan sekitar hostel. Balik hotel (ishoma). Ke sentosa island. Mustafa centre.
Day 3. Singapore botanical garden. Orchard road. Little India. Chinatown.
Day 4. MRT Changi. Boat Quay. Clarke Quay. Marina Bay. Gardens by the bay. Going back to KL.
Day 5. KL Sentral-LCCT.  LCCT-Bpp.

Setidaknya dengan menyusun itinerary kita punya bayangan mau ngapain aja, meskipun pada prakteknya tetap menyesuaikan situasi dan kondisi. Oyaa, budgetnya jangan lupa disusun juga ya, biar tau kudu bawa uang berapa koper #halah! Tukar uang jangan lupa. Meskipun selama pakai ATM Visa kita bisa ambil uang di sana atau bisa tuker uang juga di sana, paling enak kalo kita punya pegangan, biar nggak rempong.
Tiket udah. Paspor udah. Hostel udah. Itinerary plus anggaran udah. Tuker uang udah. Tinggal menghitung hari keberangkatan deh, dan jangan lupa web check in 14 hari sebelum keberangkatan untuk Air Asia, jadi kita udah megang boarding pass sendiri dan nggak perlu antri check in di counter bandara, enak kan?

H-1 sebelum keberangkatan baru sibuk packing dan malah galau. Masalahnya ransel udah penuh sama baju, dan lumayan berat. Maklum lah nggak ambil bagasi, jadi khawatir kalo berat bawaan lebih dari yang boleh dibawa ke kabin (max 7 kg) dan kudu bayar mahal buat bagasi, kan nggak oke banget. Tapi sudahlah, apapun yang terjadi jalani saja, saatnya beristirahat and i’m ready to go!:D

No comments:

Post a Comment