Wednesday, April 9, 2014

[Silly Season MotoGP] Kemana Dani Pedrosa Akan Berlabuh di 2015?


Akhir musim 2014 ini, kontrak pembalap top MotoGP akan berakhir, Marc Marquez, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, dan Valentino Rossi. Marquez hampir bisa dipastikan akan tetap stay di Repsol Honda. Tapi bagaimana dengan Lorenzo, Dani, dan Vale?

Lorenzo sepertinya akan jadi rebutan Yamaha, Honda, dan Ducati. Bos Honda Shuhei Nakamoto sejak akhir musim lalu sudah mulai memberi sinyal kalau menginginkan kedatangan Lorenzo di Honda. Lorenzo sendiri menampik gosip kalau ia akan berpindah tim dan berkata ingin pensiun di Yamaha. Dan Yamaha sendiri nggak mungkin semudah itu melepas Lorenzo karena sejauh ini, cuma Lorenzo yang bisa mendekati superioritas Honda. Tapi omongan di saat musim baru bahkan  belum dimulai bakalan masih bisa berubah kan? Sementara Ducati yang juga menginginkan pembalap top di timnya tampaknya juga melirik Lorenzo. Tapi sepertinya kemungkinan Lorenzo pindah ke Ducati lebih kecil, karena meskipun performa Ducati musim ini mulai membaik, tapi tetap saja top teamnya masih Honda dan Yamaha. Dan sepertinya, Lorenzo nggak akan gambling semudah yang dilakukan Cal Crutchlow.

Soal Valentino Rossi, sempat ada gosip Vale akan retire akhir musim ini kalau performanya nggak juga membaik. Tapi dari tes pramusim dan race pertama di Qatar, kok kayaknya kemungkinan retire masih agak jauh ya? Kalau Vale lanjut musim depan, kemungkinan besar sih masih tetap di Yamaha.

So, how about urri Dani? Menurut om Motomatters, posisi Dani di Honda sebenarnya relatif aman. Kalau Honda nggak berhasil menggaet Lorenzo, pilihan Honda pasti jatuh di Dani lagi. Om Livio Suppo pernah bilang kalau Honda tak pernah berencana mendepak Dani, yang kurang dari Dani cuma 1, bad luck. Bertahan 8 tahun di kelas utama bersama Honda, meskipun belum sekalipun meraih gelar juara dunia, prestasi Dani bukan main-main, 25 kemenangan, 33 tempat kedua, 26 tempat ketiga dengan total 84 podium. Ditambah 26 pole position dan 39 fastest lap. Total poin Dani bahkan sudah mencapai 2036, prestasi yang melebihi Kenny Roberts, Wayne Rainey, dan Kevin Schwantz di all time standing. Cuma karena lack of champioship, Dani lebih sering diunderestimate orang. Pahit memang, tapi begitulah kenyataannya.

Tapi gimana kalau Honda bisa buat Lorenzo tandatangan kontrak untuk musim depan? Kemungkinan terbesar, Dani akan swap bike dengan Lorenzo, alias Dani ke Yamaha. Sesuatu yang bahkan nulisnya aja terasa aneh, Dani sudah terlalu identik dengan Honda. Sejak awal masuk ke kelas 125cc, Dani udah di Honda, sampai hari ini. Yamaha, yang sekarang sponsor utamanya Movistar, pasti akan menerima Dani dengan tangan terbuka. Pol Espargaro sebenarnya udah dikontrak untuk nantinya masuk ke factory sih, tapi kalau ada salah satu dari 3 pembalap top MotoGP yang available masa mau diabaikan?

Gosipnya sih Movistar sengaja masuk ke MotoGP musim ini dengan target utama biar Dani masuk ke Yamaha musim depan. Movistar dulu kan sponsor utama Dani sampai kelas 250cc, dan sudah akan sponsorin Dani juga di MotoGP. Tapi ternyata Dani lebih memilih Repsol Honda. Dan tampaknya, Movistar masih penasaran sama Dani, makanya tiba-tiba aja gitu masuk ke MotoGP musim ini. Tapi yang jadi pertanyaan, Repsol punya kecenderungan kuat sama Dani, kalau akhirnya Lorenzo masuk dan Dani keluar, apa Repsol akan diam aja? Mungil-mungil gitu Dani jadi rebutan sponsor lho.

Kemungkinan lebih kecil, Dani akan ke Suzuki. Suzuki jelas menginginkan pembalap top di teamnya, dan Dani salah satu yang available. Tapi karena Suzuki baru kembali ke MotoGP dan selama tes pramusim performanya belum terlalu menjanjikan, jadi ya probabilitasnya lebih kecil.

Jadi kira-kira tahun depan Dani bakalan berlabuh di team mana? Iya, ini bahkan masih awal musim banget, tapi jujur aku penasaran banget. Kalo aku disuruh milih rasanya sulit sekalii. Aku terlalu biasa dengan Dani dan atribut orangenya, kalau tiba-tiba swap bike dan ganti jadi biru-biru gitu... entahlah rasanya itu gagasan yang aneh. Tapi kalau di Yamaha, di suasana baru, Dani malah jadi lebih oke, aku akan senang sekali. Mana yang terbaik buat Dani aja lah.

Sekarang, semoga Dani bisa menunjukkan performa terbaiknya. Perkara ini musim terakhirnya sama Honda atau tidak, who knows. Musim masih panjang, skenario bisa berubah-ubah. Siapa tau Dani bisa jadi juara dunia musim ini kan?

Hehe, amiin.

5 comments:

  1. Aamiin... Aku berharap Dani stay di Repsol Honda aja selamanyaaa...Aamiin

    Salam kenal pecinta Dani yaa ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai, salam kenal juga! Iyaa, Dani itu udah honda banget.. :)

      Delete
  2. Dani Pedrosa kan anak emas Honda, lihat aja performa di 2014 siapa tahu honda berubah pikiran lihat performa Dani di tahun 2014, kalau Valentino Rossi mending ke Honda pasti juara, daripada Yamaha

    ReplyDelete
  3. wah pecinta dani y,,,tp klo sy sih te2p cintaan mas vale seorang hehe *itu pun dtularin ama de2ku yg nyekokin moto gp btaun2 hehe*
    oia mnrt kbr kt ny mas vale ud taken kontrak jg ampe taun 2016 nti jd mas vale bakal stay d yamaha,,,mnrt ade sy sih kmungkinan balik k honda agak kecil soalny wkt pisah dlu kt ny sih agak slek gtu beda dg wkt vale pindah k ducati yg msh bae2 z hub ny dg yamaha,,tp entah jg y lah wong suka moto gp bru dr taun 2007an hehe
    hem,,,iy tuh sy jg gemes ama mas dani ud dtelikung ama hobae2 spaniat laen bwt jd juara d kelas para raja(niru omonganny tante lusy)
    sy bharap bgt klo dani bisa norehin namanya dplakat itu,,,agak bosen jg liat dominasi baby alien itu hehe,,,wlw dy emg wort it bgt bwt menang
    ah mas dani hwaiting,,,,jgn kalah ama hobae2 itu,,kt mateo sih honda itu skrg gi jd the best ever bwt tecnology d motogp,,so syg bgt klo msh blom bisa juara dunia
    tp te2p everlasting love bwt mas vale,,,he's something bgt bwt moto gp hehe pis ah difa-shi
    ah g nyangka difa jg suka motogp biasany sy cma baca sinop drakor sih klo mampir k sini
    skali lg WHAITING,,,AJJA,,,AJJA,,, bwt mas dani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaa, makasih loh udah mampir buat baca postingan yang nyempil, ketutupan sama drama korea ini.. Iyaa, thaaaanks dukungannya buat Dani! Fighting juga buat om Vale! Semoga makin sukses di yamaha.. :)

      Delete