Saturday, May 17, 2014

Bioritme Kacau

Entah ini pengaruh jet lag karena perjalanan jauh atau kompensasi kurang tidur selama semingguan kemaren, jam biologisku jadi kacau sekali minggu ini. Beberapa hari kemarin, aku baru bisa tidur setelah jam 1 dinihari. Itu juga dipaksa merem, habis jam segitu masa mata masih terang benderang. Dan paginya berhubung ada yang bangunin, nggak ada masalah dengan bangun pagi. Tapii dua hari ini semuanya tambah kacau karena di rumah nggak ada orang. Kemaren aku baru bangun jam setengah 9, dan hari ini jam setengah 10 aja dong aku baru bangun, itu juga karena ada yang nelpon. Hadeeeh banget! Sampe dikiranya aku sakit gara-gara nggak dateng-dateng kerja.

Haha, selain tampak kacau dan nggak banget, i’m perfectly fine! Alhamdulillah, berkat asupan air zamzam yang tanpa batas di tanah suci, aku sehat-sehat saja. Dan selama di sana pun meskipun jam tidurnya terbatas, rasanya no problem. Capek pun yang gitu-gitu aja. Misal capek pas thawaf dan sa’i, yaudah pas itu aja, dipake tidur bentar juga udah nggak capek lagi. Kadang ngantuk sih pas di masjid, pas nunggu waktu sholat berikutnya, misal tahajud ke subuh ke dhuha atau maghrib ke isya, tapi itu ada triknya. Minum air zamzam dan berdoa biar nggak ngantuk lagi, voila! Ngantuk pun hilang. Subhanallah sekali ya air zamzam ini.

Tapi perjalanan pulang yang sangat panjang sepertinya berpengaruh sekali ke tubuh. Jadi, aku dan rombongan mulai meninggalkan Makkah hari Sabtu jam 3 sore, dan baru sampe rumah tercinta hari Senin malem. Lama banget kan? 15 hours of flight, 5 hours of road trip, and 24 hours of waiting. Pantas lah jam biologisku jadi kacau. Ternyata begini rasanya jet lag, Makkah sama sini itu perbedaan waktunya 5 jam. Haha, stress juga aku yang biasanya nempel molor, eh ini nggak bisa-bisa tidur. Dan bangun kesiangan itu lebih bikin stress lagi ternyata. Semoga malem ini tidurnya gampang dan besok nggak kesiangan lagi yaa, amiin.


My journey to Baitullah gives me a lot of first experiences, termasuk jet lag, heuu, seruu! Jet lag dikit nggak apa-apa, yang penting dikasih sehat terus, alhamdulillah.. :D

Nb: tulisanku rasanya nggak runtut dan kacau sekali ya? maklum lah yang nulis lagi agak kacau :p

No comments:

Post a Comment