Tuesday, May 20, 2014

Persiapan Smart Umrah 1435 H

Umrah sudah ada di bucket list-ku sejak dahulu kala dan aku mentargetkan tahun ini bisa tercapai, dan alhamdulillah sekali beneran kesampaian. Rasanya beneran kayak mimpi. Sejak akhir tahun lalu, Papa emang udah ngajak, nanti kalau ada umrah K-Link kita pergi sama-sama. Perkiraan awal di bulan Februari, tapi ternyata mundur dan baru terlaksana awal Mei ini. Smart Umrah 1435 H lah nama programnya, kerjasama K-Link sama Cordova travel.

Sejak ada kepastian kapan berangkat, mulailah aku yang excited dan deg-degan sendiri. Persiapan kira-kira sebulan, sejak akhir Maret, tapi karena semuanya diurus travel rasanya semua simpel banget. Kita cuma perlu persiapan dana (ini harus ada dulu yaa), hati dan mental, sama barang-barang yang perlu dibawa kesana.

Persiapan pertama, berkas-berkas. Paspor, alhamdulillah sudah ada. Vaksin meningitis, ini harus kalau kita mau ke negara timur tengah. Biasanya vaksinnya di Dinas Kesehatan Pelabuhan, biayanya 300an ribu dan masa berlakunya 2 tahun, jadi kalau dalam rentang itu mau umrah lagi nggak perlu vaksin lagi. Vaksin meningitis itu vaksin utamanya, dan biasanya kita akan ditawari mau vaksin flu sekalian apa nggak? Biayanya 190rb kalo nggak salah. Kalo aku sih sekalian aja, biar disana lebih fit dan perubahan cuaca kan bikin rentan flu. Alhamdulillah, selama disana sampe pulang pun sehat-sehat aja.

Berkas lain palingan fotokopi KTP, kartu keluarga. Selebihnya termasuk urusan visa jadi urusan travel. Dan visa umrah ternyata lumayan yaa, $150, hampir 2 juta gitu deh. Begitu semua berkas dikirim ke Jakarta (travelnya basis di Jakarta dan kita emang berangkatnya dari Jakarta), tinggal deh mempersiapkan diri dan bawaan.

Karena aku tipe yang well prepared, aku harus bikin checklist barang-barang yang perlu dibawa dulu, menyesuaikan sama itinerary selama di sana juga. Beginilah kira-kira checklistku:
·         Pakaian ihrom, buat laki-laki biasanya sudah disediain sama travel, kalo buat perempuan harus bawa sendiri. Nggak harus putih-putih, yang penting menutup aurat (tapi sih pakenya putih-putih juga, daripada beda sama jamaah lain :p). Satu aja cukup, tapi boleh lah bawa back up, siapa tau mau ambil umrah lebih dari sekali dan khawatir bajunya udah nggak suci lagi.
·         Gamis atau abaya, kalo bisa yang warnanya nggak mencolok. Ini dalam rangka adaptasi sama orang sana aja sih, wanita Arab kemanapun pakai gamis hitam-hitam, nggak ada yang ngelarang sih kita mau pake warna merah menyala juga, tapi kita kan nggak boleh terlalu menarik perhatian, huehehe, jadi pakailah warna-warna gelap yang aman. Dan nggak harus pake gamis terus juga sih. Aku seumur-umur nggak pernah pake gamis, jadi cuma bawa 1 gamis baru beli, 1 gamis item dari travel, sisanya baju setelan rok kayak yang biasa kupake sehari-hari. Jumlah menyesuaikan hari, kalo kurang pun di sana banyak yang jual murah-murah kok. Di Madinah kita keluar pelataran masjid Nabawi banyak yang jual gamis 30 real doang, murah kan? kalo mau nyuci disana juga bisa, tapi biasanya tempat jemur di kamar mandi terbatas, jadi lebih aman bawa yang cukup.
·         Mukena & sajadah kecil, sebenernya disana kita lebih sering sholat nggak pake mukena sih, tapi kadang tak pake juga, atasannya aja. Dan sajadah perlunya kalo kita nggak kebagian sholat di tempat yang berkarpet, daripada kedinginan di lantai, hehe.
·         Sandal jepit, percayalah ini useful sekali buat ke masjid. Jadi setiap kita masuk masjid, sandal bisa dititipkan di depan, atau dimasukkan kantong plastik dan dibawa masuk taro tas. Kalo pake sendal atau sepatu yang rempong, apalagi wedges, pasti akan makan tempat di dalam tas. Nah, si sandal jepit kan irit tempat, dan enak dipakenya pun.
·         Kaos kaki, bawa sejumlah hari ya. Soalnya tiap hari dipake sholat, kan nggak enak sholat pake kaos kaki yang udah kotor. Atau kalo kurang pun bisa beli di sana, 3 real udah dapet 2 pasang, murah kan?
·         Pakaian dalam dan disposable panty, sesuai keperluan. Kalo cuci baju agak rempong di sana, cuci pakaian dalam masih bisa lah. Dan karena sebenernya disana cuma 8 hari, disposable panty yang sudah kubawa pun menganggur, soalnya pake yang biasa masih cukup, huehehee..
·         Buku doa saku, ini salah satu yang masuk tas tiap ke masjid. Biasanya sih dikasih dari travel.
·         Al Qur’an kecil, naah ini yang nggak pernah ketinggalan tiap ke masjid. Meskipun di masjid Al Qur’an ada banyak sekali tersebar dimana-mana, tetep lebih enak baca punya sendiri. Tapi kalo mau nggak bawa pun juga nggak apa-apa, kalo mau ngaji di jalan kan bisa lewat hp aja.
·         Obat-obatan pribadi. Kemaren bawa banyak dan macem-macem (obat flu, diare, sakit perut, vitamin, obat batuk, obat asma), alhamdulillah nggak ada yang kepake. Palingan Primolut N aja yang rajin kuminum tiap hari. Primolut ini obat untuk menunda haid, diminum 3 hari sebelum tanggal haid biasanya, teratur 2 kali sehari di jam yang sama, sampai kita selesai ibadah. Berhenti minum primolut, biasanya dalam 2-3 hari sih udah haid lagi.
·         Handuk kecil dan perlengkapan mandi.
·         Tas jinjing lipat. Nah, ini juga useful sekali, terutama pas kita di Makkah. Di Makkah kita akan beberapa kali thawaf dan sa’i di tengah kerumunan orang yang buanyak sekali, dan bawa tas tenteng itu sangat merepotkan. Kalo bawa tas jinjing lipat kan tinggal ditaro di punggung atau depan tubuh biar lebih aman (meskipun kita di tanah suci, nggak ada salahnya untuk selalu hati-hati). Dan kalo nggak dipake, tinggal dilipat taro koper deh.
·         Masker. Kalo udah bawa dipake ya, jangan kayak aku maskernya malah dianggurin aja di koper, hehee..
·         Detergen sachet, siapa tau mau cuci-cuci disana.
·         Colokan 3 lubang (universal), eh yang ini nggak usah bawa ding. Tiap aku bawa useless, lha wong dimasukin colokan kita yang 2 lubang doang juga bisa.
·         Botol minum. Naah, buatku yang kemana-mana emang selalu bawa tumblr, ini emang nggak boleh ketinggalan. Berguna banget di sana, kita jadi bisa minum air zamzam setiap saat. Meskipun gelas-gelas buat minum air zamzam banyak sekali, bawa tumblr sendiri memudahkan pas kita duduk di masjid berjam-jam dan yang terpenting bisa dibawa pulang air zamzamnya.. :D
·         Permen, buat di pesawat sih terutama.
·         Lipbalm dan lotion, seriously di sana itu kering sekali. Kulitku yang pada dasarnya udah kering jadi semakin kering di sana, udah dikasih lipbalm sama lotion nggak mempan. Jadilah pasrah dengan bibir pecah-pecah dan super kering karena nggak bawa lipbalm yang mumpuni.
·         Hand sanitizer.

So far itulah checklist utamaku, dan masih ada lagi bawaan tas tangan sama koper kabin. Tas tangan yang semacam dompet, hape, charger, dkk. Kalo koper kabin isinya baju ganti, peralatan mandi, obat-obatan, buku bacaan. Intinya apa yang kita perlukan kalo koper besar kita belum selesai didistribusikan padahal kita udah keburu mau ganti-ganti dan pergi ke masjid misalnya. Dan nggak boleh bawa benda tajam (gunting, cutter, termasuk peniti) dan benda cair > 100 ml. Sementara koper besar isinya baju dan keperluan lainnya. Kalo bisa jangan dipenuhi dulu dari sini, ntar oleh-olehnya mau ditaro mana?

Sambil menyiapkan bawaan, hati jangan lupa disiapkan. Namanya perjalanan jauh, minta maaf lah dengan orang-orang sekitar dan kalau masih punya hutang diselesaikan dulu, biar berangkatnya tenang. Banyak-banyak belajar sabar dan ikhlas. Banyak-banyak doa semoga semua di sana nanti lancar. Dan jangan takut kalau nggak hafal doa-doa umrah yang banyak, di sana ada muthawwif yang selalu membimbing, dan juga ada buku doa saku. Yang terpenting, doa yang lebih afdhal dan baik digunakan adalah doa yang dipahami oleh kita sendiri. Nggak banyak sebenernya doa-doa yang dicontohkan Rasulullah SAW saat beribadah haji atau umrah, saat thawaf di antara Rukun Yamani dan Hajar Aswad yang dibaca pun doa sapujagad yang insya Allah semuanya udah hapal. Jadi bismillah aja, semoga perjalanan semua lancar dan diberikan umrah yang makbul, amiiin..


Dari umrah ke umrah adalah penghapus dosa. Dan haji mabrur tiada balasan kecuali surga.” (HR Bukhari Muslim) 

1 comment: