Tuesday, June 3, 2014

Smart Umrah 1435 H: Madinah


Setelah menempuh perjalanan dengan bis kira-kira 4 jam, tengah malam kita sampai juga di Madinah. Kita langsung check in di hotel Al Haram yang dekaat sekali dengan masjid Nabawi, cuma nyebrang jalan sekali. Begitu masuk kamar langsung bebersih, ganti baju, dan tidur sebentar. Karena belum sholat maghrib dan isya di perjalanan tadi, jam 3 kita sudah bangun dan berangkat ke Masjid Nabawi. Begitu melangkahkan kaki masuk di Masjid Nabawi, rasanya yang subhanallah, pengen nangis terharu. Di Masjid Nabawi, tempat sholat putra dan putri dipisah, dan tempat masuknya juga beda. Jadi aku sama mama pisah jalan sama papa.


Shalat di Masjid-ku ini lebih utama seribu kali daripada di masjid lain, kecuali Masjidil Haram. Disana seratus ribu kali lebih utama.” (HR Bukhari & Muslim)



Pertama kali masuk, rasanya kagum banget, bahkan di kali-kali berikutnya pun tetap kagum. Masjid Nabawi ini kesannya anggun dan teduh, adem banget rasanya hati ini di dalamnya. Arsitekturnya pun mengagumkan. Jadi sering mendongak dan terpana lihat detailnya.


Oya, setiap masuk ke Masjid Nabawi, kita akan diperiksa oleh askar wanita yang berbaju hitam-hitam dan bercadar. Kirain kita nggak boleh bawa hape masuk, tapi ternyata boleh kok. Yang nggak boleh kalo bawa tempat minum yang terlalu besar. Dan aku pernah sekali diingetin sama askar, katanya sandal dan Al Qur’an haram. Hehe, maksudnya kita nggak boleh naro sandal sama Al Qur’an di tempat yang sama di tas. Sejak itu plastik sendal nggak tak masukin tas. Dan prepare kantong plastik buat naro sandal yaa. Ada sih tempat buat naro sandal, tapi daripada rempong nyari dan ada kemungkinan kita nyasar dan keluar di gate yang lain, mending dibawa sendiri di kantong plastik.

Dini hari itu Masjid Nabawi belum terlalu ramai, setelah sholat maghrib isya berjamaah sama mama, kita lanjut sholat tahajud sendiri-sendiri. Selesai sholat tahajud, kita nunggu subuh sambil ngaji dengan terkantuk-kantuk dan kedinginan. Seriusan dingin banget, ternyata di setiap pilar Masjid Nabawi itu ada lubang ACnya. Padahal sih udah pake cardigan, tapi ternyata kurang tebel, tau gitu tadi pake jaket ya?

Mendekati subuh masjid semakin ramai. Begitu masuk waktu subuh, selesai sholat sunat, kok sholatnya nggak dimulai-mulai? Ternyata di Masjid Nabawi, jarak antara adzan sama mulai sholat emang lumayan lama, bisa sampe 20 menitan. Lumayan ya, bisa dipake buat memperbanyak ngaji. Selesai sholat subuh sebenernya pengen nunggu dhuha sekalian, tapi mata nggak bisa diajak kompromi. Jadilah kita pulang dulu ke hotel buat tidur sebentar.


Memang cuma sebentar karena jam 8 pagi kita sudah disuruh kumpul di lobby. Agenda hari ini adalah bermunajat di salah satu taman surga, Raudhah, ziarah ke Makam Rasulullah SAW, Abu Bakar RA, Umar bin Khattab RA, dan maqam Baqi. Jadi kira-kira jam 8 kita turun, sarapan bentar, terus jalan bareng ke Masjid Nabawi. Papa nggak ikut karena tadi sudah ziarah sendiri dan memilih tidur aja.


Setelah menerima penjelasan dari muthawwif di pelataran masjid, rombongan putra dan putri misah. Karena Makam Rasulullah SAW dan sahabat ada di area putra, kita rombongan putri hanya akan ke Raudhah. Begitu masuk Masjid Nabawi, kita sholat tahiyatul masjid dan sholat dhuha dulu, barulah kita melangkah ke Raudhah. Area Raudhah untuk putri nggak besar dan hanya dibuka di jam-jam tertentu, jadi untuk bisa masuk sana kita harus menunggu beberapa kali, dan biasanya per negara. Kemaren kira-kira kita nunggu berpindah tempat sampai 4 kali baru bisa masuk Raudhah.

Ini pos terakhir tempat menunggu sebelum akhirnya bisa masuk ke Raudhah
Raudhah adalah tempat yang mustajab untuk berdoa. Sabda Rasulullah SAW, “Antara rumahku dan mimbarku adalah taman dari taman-taman surga.” Rumah Rasulullah SAW adalah yang sekarang ini menjadi makam beliau beserta sahabat Abu Bakar RA dan Umar bin Khattab RA. Area makam dan mimbar inilah yang disebut Raudhah. Untuk membedakan area Raudhah, kita bisa lihat dari karpetnya yang berupa kombinasi abu-abu dan hijau muda bunga-bunga. Sementara area lain di Masjid Nabawi berkarpet merah.

Begitu dapat kesempatan masuk dan sholat di Raudhah, langsung sholat 2 rakaat dan berdoalah sebanyak-banyaknya. Sholat 2 rakaat cukup, karena kita harus ngasih kesempatan untuk jamaah lain juga, kalau memungkinkan untuk lebih dari itu ya alhamdulillah sekali. Tapi aku juga cuma 2 rakaat sih, itu juga dada rasanya sesak saking bahagia dan bersyukurnya bisa shalat di Raudhah. Alhamdulillah ya Allah..

Karena agenda hari itu cuma ke Raudhah, sekitar jam setengah 11 kita jalan balik ke hotel. Ngapain di hotel? Tidur lagi dong, lumayan masih ada waktu sebelum dzuhur, huehehe. Sebelum dzuhur bangun, wudhu, terus jalan lagi ke masjid. Pulang dari masjid langsung makan siang, kelar makan naik ke kamar buat tidur lagi. Ke masjid, tidur, makan, ke masjid, tidur, ke masjid, makan, tidur, ke masjid, tidur, ke masjid, makan, tidur. Begitulah kira-kira agenda hari pertamaku di Madinah, dan nggak beda jauh untuk hari-hari berikutnya, haha, enak kan?


Agenda hari kedua lebih banyak, karena ada ziarah dan city tour ke Masjid Quba, Masjid Kiblatain, Gunung Uhud, dan ke kebun kurma. Harusnya sih jam 8 pagi berangkat, tapi molor karena ada anggota rombongan yang belum muncul-muncul juga. Tujuan pertama ke Masjid Quba, yang ternyata nggak jauh dari Masjid Nabawi. Sabda Rasulullah SAW, “Shalat di Masjid Quba’ pahalanya sebanding dengan ibadah umrah.” Subhanallah, belum kita mulai umrahnya, tapi insya Allah kita sudah diberi pahala umrah dengan shalat di Masjid Quba. Hari kedua di Madinah, lagi-lagi aku nggak sanggup nunggu sampe dhuha, alhamdulillah dikasih kesempatan dhuha di Masjid Quba.


yang lain sibuk belanja, kita mah.. foto-foto!
Selesai dari Masjid Quba, kita meluncur ke kebun kurma, yang jaraknya ternyata juga dekat. Tapi yang namanya kebun kurma ternyata tak sesuai bayangan, soalnya lebih ke tempat jualan kurma. Kebunnya sih kayaknya di belakang gitu. Di sini, anggota rombongan mulai memborong kurma favorit mereka. Nggak cuma kurma sih, macem-macem ada di sini, coklat, kismis, kacang-kacangan, dll. Tapi aku, papa, dan mama nggak minat beli apa-apa, habisnya mahal, haha. Sebagai perbandingan, di luaran kurma ajwa bisa didapat dengan harga 70 – 80 riyal, sementara di kebun kurma harganya malah 120 riyal, mahal kan? Kalo misal udah terlanjur beli sih ya udah, nggak perlu nyesel, kan niatnya buat oleh-oleh yang di tanah air, insya Allah berkah lah ya :p. Menjelang pulang, biar nggak pergi dengan tangan kosong, mama beli kurma yang murah meriah seharga 15 riyal sekilo.


Setelah puas melontar riyal di kebun kurma, bis lanjut jalan melewati Masjid Kiblatain, kali ini kita nggak mampir karena waktu yang terbatas. Masjid Kiblatain berarti masjid berkiblat dua. Sebelumnya, masjid ini berkiblat ke Masjidil Aqsha, kemudian turun wahyu dan Rasulullah SAW yang baru sholat dua rakaat, berganti arah menghadap Masjidil Haram untuk dua rakaat berikutnya. Tujuan selanjutnya adalah Jabbal Uhud. Jabbal Uhud adalah bukit terbesar di Madinah, tempat terjadinya perang Uhud. Di sini kita sempat turun dan berfoto-foto sebentar, terus balik hotel supaya nggak ketinggalan dzuhur di Nabawi.


Sampai hotel, kita masih sempat naik ke kamar dan duduk-duduk bentar. Tapii, ke masjidnya jadi telat. Dan tau akibatnya kalau kita berangkat ke masjidnya mepet? Yak, kita bakalan bingung nyari tempat! Meskipun Masjid Nabawi itu besaaar sekali dan bisa menampung jutaan jamaah, tapi puyeng juga nyari tempat kosong kalo udah mendekati waktu sholat, apalagi kalo udah adzan. Jadi, berangkatlah ke masjid paling tidak setengah jam sebelum adzan. Lebih mudah cari tempat, dan bisa memperbanyak ngaji selagi nunggu.


Agenda sore adalah liqo selepas sholat ashar, sekaligus briefing umrah, karena besok siang kita sudah akan menuju Makkah untuk umrah. Waah, cepet banget di Madinahnya, udah mau lanjut ke Makkah aja. Oh ya, untuk yang ke Madinah dulu baru Makkah, mendingan dipuas-puasin beli oleh-oleh di Madinah aja dulu. Keluar pelataran Masjid Nabawi, itu isinya udah orang jualan semua, bahkan sudah ramai sejak setelah subuh. Mau cari gamis hitam atau aneka warna yang murah meriah cuma 30 riyal, ada. Mau cari pashmina atau jilbab 10 riyal, ada. Kurma ajwa atau kurma biasa, ada. Coklat 20 riyal, ada.

Beli oleh-oleh di Madinah lebih murah dan lebih mudah nyarinya, karena agenda kita di Makkah akan lebih padat dan agak sulit nemu tempat dengan harga semurah di Madinah. Saran sih bikin list siapa aja yang mau dikasih oleh-oleh, apa yang mau dikasih dan berapa jumlahnya. Itu akan memudahkan, soalnya kita nggak punya banyak waktu buat bingung-bingung atau bolak balik nyari. Dan bawa koper kosong kalo bisa, biar semua oleh-oleh bisa muat masuk, hehe. Tapi jangan semua diborong juga, inget-inget jatah bagasi pulang nanti, hahaa..

Memasuki hari ketiga di Madinah, mulai deh deg-degan, soalnya begitu sampai Makkah terus langsung umrah. Rencananya, jam setengah 3 kita akan check out dan langsung ke Masjid Bir Ali untuk ambil miqot (niat umrah). Jadi, pagi jam 9 koper besar udah harus ditaro di depan pintu hotel. Harusnya sih dari malem udah packing, tapi biasalah udah keburu ngantuk. Oh ya, di hari terakhir di Madinah akhirnya aku bisa bertahan dari tahajud sampai dhuha di Masjid Nabawi, aman terkendali dari ngantuk. Dan malah ketemu tetangga Ngebel yang bahkan belum pernah ketemu sebelumnya. Subhanallah ya, ketemu tetangga pertama kali malah di kotanya Nabi :’)

Pulang sholat dhuha, masih disempet-sempetin beli oleh-oleh. Jadi setiap pulang dari masjid, ada aja kresek yang dibawa, haha. Kelar sarapan kita pun packing secepat kilat, dan sebelum jam 9 koper sudah bertengger manis di depan pintu hotel. Habis itu masih disempet-sempetin tidur bentar, baru bangun dan mandi ihram. Mandi ihram ini adalah salah satu sunat umrah, termasuk berpakaian ihram nanti. Setelah sholat dzuhur dan makan siang, baru deh kita siap-siap dan berganti pakaian ihram. Pakaian ihram untuk pria adalah kain putih dua potong, yang satu diselendangkan dan yang satu disarungkan. Sementara pakaian ihram untuk wanita tak ada ketentuan khusus, yang penting bersih, suci, dan menutup aurat. Dan nggak harus warna putih. Cuma karena sebagian besar jamaah Indonesia selalu pake putih-putih dari atas sampe bawah untuk umrah, aku ikut-ikut aja lah, biar nggak mbedani, hahaa.


Setelah siap semua, jam 3 bis berangkat meninggalkan hotel menuju Masjid Bir Ali, yang merupakan tempat miqot bagi jamaah yang berasal dari Madinah. Perjalanan menuju Bir Ali ditempuh dalam waktu singkat, dan waktu masuk Madinah sebenernya kita juga udah lewat. Di sana, kita sholat sunat tahiyatul masjid saja, karena sholat ashar sudah dijamak dengan dzuhur tadi. Di bis, saat akan meninggalkan Bir Ali, baru kita melafazkan niat umrah sambil dibimbing muthawwif.

Labbaika Allahumma Umrotan
(Kami menghadap padaMu ya Allah untuk melaksanakan umrah)

Setelah berniat, larangan ihram pun berlaku. Dan perjalanan panjang menuju Makkah yang ditempuh dalam 4 – 5 jam sebaiknya diisi dengan talbiyah dan memperbanyak dzikir. Atau buat tidur juga boleh, soalnya kalo udah sampe Makkah, dijamin kita akan kurang tidur.

Selamat tinggal, Madinah yang tenang. Suatu hari aku akan kembali ke masjid 1000 pahala-Mu, ya Allah..

Semoga kakiku bisa kembali melangkah di Masjid Nabawi, amiin..

No comments:

Post a Comment