Sunday, May 29, 2016

Enaknya Nonton MotoGP Sepang




Setelah dua tahun berturut-turut nonton MotoGP di Sepang, dan tahun ini insya Allah move on ke Motegi, langsung berasa kalau mau nonton MotoGP emang paling enak di Sepang.

Sebagai WNI (warga negara Indonesia.red) yang MotoGP masih belum jelas nasibnya di negara sendiri, kita punya 3 pilihan terdekat yang masih wilayah Asia. Sepang, Malaysia. Motegi, Jepang. Dan Phillip Island, Australia. Dan yang jadi pilihan sebagian besar penggila MotoGP nggak lain dan nggak bukan.. Sepang, Malaysia. Alasannya simpel, karena itu yang terdekat dan relatif terjangkau. Tanpa persiapan khusus juga bisa. Kalau dibandingkan sama Jepang dan Australia yang jauh, mahal, dan butuh visa.. jelas kenapa orang-orang lebih milih Sepang.

Coba kita jabarkan satu-satu alasannya.

Murah
Bisa dibilang ini alasan utamanya. Tiket pesawat murah. Tiket race murah (FYI, main grandstand Sepang sekitar 700 ribuan, sementara tiket di rumput-rumput Motegi yang paling murah hampir sejuta). Akomodasi relatif murah. Transport murah. Makan juga murah. Cost total untuk sekitar 5 hari antara 3 – 5 juta gaya backpacker (meskipun tetep bakalan variatif). Bandingkan dengan cost total ke Jepang yang angkanya bikin sesak napas, karena sekalian liburan.

Nggak perlu visa
Malaysia masuk negara ASEAN, jadi asal kamu punya paspor yang masa berlakunya sampai enam bulan ke depan, tinggal lenggang kangkung aja keluar imigrasi tanpa perlu visa. Belum punya paspor? Buruan gih urus, sekalian yang e-passport lebih oke, biar kalau mau move on ke Motegi tinggal urus visa waiver dan nggak perlu bayar visa lagi.

Tiket race murah

View Main Grandstand, garasi Dani di depan mata!
Untuk tahun 2016, harga normal tiket Main Grandstand 212 RM, Marc Marquez tribune 265 RM, VR46 tribune169,6 RM, K1 Grandstand 116,6 RM, F Grandstand 84,8 RM, C2 Hillstand 42,4 RM (beli pas early bird bisa lebih murah). Anggap aja 1 RM = Rp 3.400,- berarti tiket Main Grandstand Cuma sekitar Rp 720.000,-. Murah kaan? Itu tribun yang persis di depan start/finish lho, bisa liat pembalap kesayangan langsung di depan mata! Belinya pun relatif gampang, bisa via online di situs macam motogp.com, sepangcircuit.com, gpticketshop.com. Mau lebih gampang? Cari di travel agent di kota besar, macam tx travel karena bebas ribet dan kita sudah pegang tiket fisik sebelum berangkat ke Sepang.

Tiket pesawat murah
Meskipun pilihannya nggak cuma satu, thanks to AirAsia yang bikin perjalanan ke luar negeri jauh lebih terjangkau daripada rute dalam negeri. Kalau lagi promo, sekian ratus ribu udah dapet tiket PP Kuala Lumpur. Kalaupun nggak lagi promo, harganya bisa dibilang masih masuk akal. Dan lagi banyak kota besar di Indonesia yang punya rute langsung ke Kuala Lumpur. Enak, nggak perlu transit segala. Sementara kalau ke Jepang, perlu hoki gede untuk dapat tiket maskapai budget di bawah 3 juta, dan full service di harga 5 juta. Ke Australia jelas lebih mahal lagi.

Akomodasi banyak dan tinggal pilih
Sepang memang letaknya di pinggiran Kuala Lumpur, tapi transportnya yang gampang memudahkan kita bebas mau nginep di daerah mana pun yang dimau. Mau deket sirkuit? Bisaa! Bisa nginep deket bandara yang jaraknya cuma 10 – 15 menit ke sirkuit. Bisa nginep di daerah Enstek atau Nilai juga. Tapi saran, jangan mepet cari-carinya karena peminat hotel dekat sirkut lebih banyak, jadi cepet naik harga dan full booked. Nah, kalau mau sekalian jalan-jalan keliling Kuala Lumpur, mending ambil daerah pusat kota yang pilihannya super banyak dan bervariasi berapapun budget yang kalian mau, plus nggak perlu takut kehabisan. Kebanyakan orang akan pilih daerah KL Sentral atau Bukit Bintang. Posisi shuttle bis ke SIC yang di KL Sentral mungkin bisa jadi pertimbangan untuk sedikit menghemat ongkos LRT kalau kita nginep di daerah KL Sentral. Meskipun kalau mau milih daerah Bukit Bintang yang selalu ramai pun nggak masalah.

Transportasi gampang
Harus diakui transportasi massa kita masih kalah banget dibandingkan Kuala Lumpur. KL punya LRT, KTM Komuter, RapidKL, Aerobus, dan lain-lain.. yang intinya gampang banget mau kemana-mana! Tinggal menclok di KL Sentral, pusat transportasinya KL, gampang deh mau kemana juga. Ke sirkuit yang jaraknya sekitar 1 jam 15 menit dari KL Sentral juga gampang. Shuttle bis ke SIC ready setiap 30 menit, one way 18 RM, return 30 RM. Males nunggu dan kebetulan banyak duit? Naik taksi aja kalo gitu.

Pitlane walk gratis


Hah, gratis? Emang ada pitlane walk yang bayar? Oh, ada! Di Motegi kalau mau ikutan pitlane walk kudu bayar 2100 yen, lumayan itu sekitar Rp 250.000. Jadi bersyukurlah buat yang ke Sepang karena pitlane walk-nya gratis. Pitlane walk MotoGP Sepang biasanya diadakan hari Jum’at sore, setelah Free Practice 2 buat 1000 orang pertama. Jangan lupa sedia payung sebelum gosong, eh, sebelum hujan ya.

Rider’s Autograph session nggak ribet
Di Sepang, untuk ikut sesi Rider’s Autograph yang biasanya diadakan Sabtu siang setelah Free Practice 3, kita tinggal datang sepagi mungkin biar dapat antrian depan, terus nunggu deh sampe sesinya dimulai. Agak lama memang nunggunya, tapi begitu mulai, kira-kira 10 rider sekaligus akan duduk berderet per sesi (ada 2 sesi) dan kita akan dapat tandatangan semua rider. Memang nggak boleh foto bareng, dan cuma boleh satu barang untuk ditandatangani mengingat antrian yang super panjang, tapi liat pebalap kesayangan duduk persis di depan mata kayaknya lebih dari cukup. Apalagi pake bonus disenyumin, bisa nggak tidur semaleman!

Coba bandingkan dengan Motegi, kita harus sangat sangat beruntung untuk bisa ikutan dan berjodoh dengan pebalap kesayangan. Di sana sistemnya lotre, kita nggak tau bisa ikut atau nggak dan kita nggak tau pebalap mana yang bakalan kita temui nanti yang sedihnya cuma seorang. Seribu orang yang beruntung akan dibagi jadi beberapa antrian, dan masing-masing antrian akan ketemu satu pebalap yang bisa jadi bukan pebalap kesayangan, tanpa bisa milih. It’s purely depends on your luck! Bikin kzl kan?

Makanan halal banyak dan murah
Enaknya pergi ke Malaysia yang penduduknya juga mayoritas muslim, kita nggak usah bingung soal makan karena kebanyakan halal dan harga relatif terjangkau. Makan di pinggir jalan, 5 RM juga udah kenyang plus minum. Cari makan di sirkuit juga nggak usah bingung, harganya emang agak mahal, tapi masih masuk akal lah.

Rame!


Wait, kita kan ke sirkuit.. ya jelas rame lah? Iyaa, tapi rame di sini adalah kita akan ketemu beraneka macam fans dari belahan dunia yang berbeda. Muka-muka Asia (terutama Indonesia) memang paling mendominasi, tapi bule juga banyak. Dan ketemu sesama fans, mau itu dari Indonesia atau negara lain, rasanya menyenangkan! Dan yang buat ragu-ragu mau pergi karena nggak ada temennya, yakin deh nggak akan ada masalah, karena di sirkuit kita akan ketemu banyak! Atau cari kenalan sesama fansclub buat meet up di sana juga oke.

Informasi bertebaran
Sama sekali nggak sulit mengumpulkan informasi soal MotoGP Sepang, browsing sedikit sudah muncul berbagai macam cerita mereka-mereka yang pernah nonton MotoGP di Sepang (meskipun banyak juga yang nongol promo paketan tur :p). Orang Indonesia yang pernah kesana banyaaaak dan yang rajin ngeblog juga lumayan. Beda cerita soal Motegi, susaaaah banget cari informasi, kayak orang Indonesia yang pernah kesana cuma seorang doang. Lebih parah lagi Australia, sampe sekarang belom nemu postingan soal itu sama sekali.


Jadi gimana, kira-kira enak nggak nonton MotoGP di Sepang?

Menurutku, minus panasnya yang nggak karuan dan gosongnya yang tak terhindarkan, nonton MotoGP di Sepang is the best option. Meskipun terbang nggak nyampe 3 jam juga nyampe, feel keluar negerinya dapet (yaiyalah, kan emang keluar negeri haha).

Pokoknya buat first timer, Sepang ini udah jadi pilihan yang paling enak. Buat yang pernah pun, dijamin pengen balik lagi dan lagi (seriusan, Sepang ini nagih).



Yuk ah, yang udah punya niat buruan dieksekusi! Denger raungan mesin MotoGP, ketemu pebalap kesayangan langsung di depan mata, hebohnya atmosfer pas race bakalan jadi pengalaman tak terlupakan! So, why would you wait?

16 comments:

  1. Mba minta rincian biaya 3-5 juta itu dong buat apa aja.

    ReplyDelete
  2. Taon ini ke motegi mbak??? Zzzuuupppeeerrr zzeeekkkaallliii...
    Kalo saya palingan cuma mimpi bisa ke motegi, anggaran mentok ke sepang doank...hahahaha nasib..nasib... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, doakan nabungnya sama di sananya ntar lancar yaa mas.. 😁

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Kaaa mau nanya ttg paddock pass ya. Itu yg dr official cuma berlaku 1 hari aja?

    ReplyDelete
  5. hi! kamu dari balikpapan ya? haha sama aku juga dari bpn dan samasama penggemar Dani Pedrosa. aku bakal berangkat ke sepang musim kali ini. kamu ikutan juga? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Aku dari Samarinda lebih tepatnya.. tapi tahun ini absen dulu ke Sepangnya. ^^

      Delete
  6. Cari2 referensi buat oktober nanti nemu blog ini. Eh, ternyata sesama fans 26 juga hahaha. Makasih info nya yaa...sy sdh booked hotel di sekitar Nilai, itu transport ke sirkuit susah gak yah mbak?

    ReplyDelete
  7. Hallo difa, aku mau tanya banyak seputar motogp soalnga berangkat berdua doang sm temen rencanya tahun ini oktober 2017. Penginapan yang deket sepang cari/bookingnya dimana ya dif?
    Lalu pesen tiket yg early gird dimana?
    Ku harap km respon comen ya. Trimakasih difaa

    ReplyDelete
  8. Hallo difa, Utk pembelian tiket race mending online apa on the spot ya? Soalnya ada yg bilang lebih murah on the spot?

    ReplyDelete
  9. hai... ada yang mau barengan ke Sepang ? aku berangkata dari Denpasar 26 atau 27 oktober. tiket main grand stand udah di tangan. tinggal hotel ama pesawatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy juga di main grand stand. Kalo mau boleh gabung di group backpacker Sepang 2017 https://chat.whatsapp.com/2JcE4HmbUrA4GR51PhJvMx

      Delete
    2. hai dear... boleh ikutan donk.. aku belum punya tiket moto GP nya .. info donk beli tiket nya dmn?

      Delete
    3. Persiapan udh apa aja mbak Erni? Tiket kmrn sy beli di www.sepangcircuit.com tp setau sy utk MGS sdh sold out skr. Boleh kalo mau gabung

      PS : sorry nyampah disini Difa :)

      Delete
  10. Gabung dong aku dari batam ada contact nya,,atau group wa ni nomer ane,, 082277171234

    ReplyDelete