Wednesday, October 16, 2013

Very Happy Weekend: Dani Pedrosa and Sebastian Vettel Win!


Hari Minggu kemarin bener-bener jadi salah satu hari paling menyenangkan. Kenapa? Soalnya my very favorite rider and driver, Dani Pedrosa dan Sebastian Vettel menaang! Dani menang di motogp Sepang, Vettel menang di F1 Suzuka, di hari yang sama, hoho. I’m full of joy, tidurku bahkan jadi nyenyaak banget.

Karena F1 tayang lebih dulu, aku bahas F1 Suzuka dulu yaa? Sepanjang minggu mungkin Vettel nggak terlalu tampak mendominasi. Vettel cuma tercepat di free practice 2. Pas FP3 dan kualifikasi Vettel lumayan terganggu dengan masalah KERS di mobilnya. KERS sempat kembali di QP2 dan Vettel jadi yang tercepat, tapi di saat krusial QP3, KERSnya kembali bermasalah. Jadilah Vettel menjalani penentu kualifikasi tanpa KERS, tapi tanpa KERS pun Vettel dapet posisi 2, cuma selisih sedikit dari rekan setimnya, Webber, yang menjalani kualifikasi nyaris tanpa gangguan. He’s really fast! Tapi ini untuk pertama kalinya dalam musim ini Webber meng-outqualified Vettel. Vettel sendiri nggak terlalu mempermasalahkan posisi startnya, dan aku suka kata-katanya setelah kualifikasi, ”We had an issue in qualifying, but i’m not a big fan of thinking that without this, with this, if this, you know... it’s always unknown.” Yeah, bener juga! Kadang kita terlalu sering berandai-andai.

Race dimulai jam 15.00 waktu Jepang atau 14.00 WITA. Posisi grid terdepan Webber,Vettel, Hamilton. Start Vettel agak kurang oke, jadi doi turun ke posisi 3 di belakang Grosjean dan Webber. Vettel malah sempat nyenggol ban depan Hamilton. Sempat khawatir ada masalah sama front wingnya Vettel, tapi ternyata aman-aman aja. Yang nggak aman Hamilton, senggolan sama Vettel menyebabkan tire puncture dan terpaksa Hamilton harus retire di lap ke 6. Di awal race aku nggak berpikir kalo Vettel bakalan menang, soalnya pacenya Webber tampak lebih bagus. Tapi perbedaan strategi pit stop menguntungkan Vettel, jadi Vettel dengan 2 pit stop dan Webber 3 pit stop. Nah, strategi ini yang kemudian jadi drama dan diperbincangkan buanyak orang. Ada yang bilang ini sengaja biar Vettel menang, ada yang bilang kalo ini strategi briliant dan bikin RedBull finish 1-2. Christian Horner sendiri mengklarifikasi kalo pemakaian ban Webber terutama di lap2 awal lebih boros dari Vettel, jadilah Webber dengan 3 pit stop. Sementara Vettel lebih jago menghemat ban, jadi cukup dengan 2 pit stop.

Tapi ya bukan F1 kalo tanpa drama. Race 53 lap berakhir dengan Vettel yang melintasi garis finish pertama, diikuti Webber dan Grosjean. Kemenangan Vettel di GP Suzuka ini merupakan kemenangan kelima Vettel berturut-turut dan kemenangan keempat Vettel dari 5 race yang sudah digelar di Suzuka. Vettel memang belom mengunci gelar juara dunia di Jepang, tapi selisih poinnya dengan Alonso sudah sampai 90 poin. Dan race berikutnya Vettel cukup finish kelima untuk memastikan gelar juara dunianya. Ditanya soal ini, komentar Vettel, “Why is it that people always underestimate races? Nothing is easy – not even P5 – and nothing comes for free. There is always a huge amount of work involved. And it is never our style to say, “well, let’s focus on finishing fifth”. We always attack as such as we can – it is in the DNA of the team”. Oke, harus diakui kalo Vettel ini keren, pembalap yang selalu kerja keras.

And Vettel, congrats and thanks for bring me the first happiness on my Sunday!

Nggak lama setelah race dan selebrasi F1 Suzuka beres, aku lanjut ke tontonan berikutnya.. jeng jeng, MotoGP Sepang! Dani start dari posisi 5. Meskipun sepanjang minggu Dani tampak very strong dengan menguasai 3 sesi free practice, tapi pas kualifikasi Dani agak terkendala sama kondisi sirkuit yang sedikit basah karena hujan yang sebelumnya turun. Grid terdepan jadi milik Marquez, Rossi, dan Crutchlow. Tapi sih aku nggak khawatir meskipun Dani harus start dari grid kedua, because he’s a great starter.

Race start. Sesuai dugaan Dani langsung menyodok ke depan, berebut posisi pertama sama Lorenzo, tapi Lorenzo yang menang *harus diakui dua orang ini paling jago startnya di motogp*. Posisi lap-lap awal Lorenzo, Dani, Marquez, Rossi, Crutchlow. Dani sabar membuntuti Lorenzo, sampai akhirnya di trek lurus akhir lap ke 5, Dani berhasil menyalip Lorenzo untuk posisi pertama. Begitu Dani berhasil, Marquez ikut langsung melancarkan serangannya dan nyalip Lorenzo juga. Tapi Lorenzo nggak mau kalah, disalipnya balik itu anak. Dan selanjutnya kita disuguhi adegan salip-salipan Lorenzo Marquez, nggak cuma sekali dua kali, tapi banyak kali, meskipun akhirnya Marquez yang menang. Perebutan posisi kedua yang sengit ini membuat Dani bisa perlahan-lahan membuat gap dan mengamankan posisi pertamanya. Marquez sendiri sadar terlalu beresiko untuk mengejar Dani, dan dia cukup puas dengan posisi kedua. Sementara Lorenzo dan Rossi tampak kepayahan untuk mengejar duo Honda, dan memilih puas dengan posisi 3 – 4.

Dan akhirnya, chequered flag! Dan Dani melintasi garis finish pertama kali. Omo omo, akhirnyaaa Dani menang lagi setelah terakhir menang pertengahan Mei lalu! Sepanjang minggu aku berusaha menekan ekspektasiku, takut sedih berkepanjangan lagi, pas race juga yang harapannya yang penting Dani finish. Tapi ternyata saat kita nggak terlalu berharap, kita dikasih kejutan! Aaakk, ini benar-benar pengobat yang sempurna setelah heartbreaking di Aragon lalu. Dani looks very very happy! Makes me super duper happy!

And Dani, congrats and thanks for bring me the most happiness on my Sunday!
Ichiban Vettel! Flacco Dani!
Semoga minggu-minggu berikutnya semenyenangkan ini! :')

Note: Pict menyusul! Mau upload gambar tapi susaahnya minta ampun, sinyal internetnya ngek ngok nii..

No comments:

Post a Comment