Sunday, November 10, 2013

Final Race: MotoGP Valencia 2013


Sudah hampir 7 tahun yang lalu saat titel juara MotoGP ditentukan di race terakhir, di tahun 2006 waktu Rossi dan Hayden bersaing untuk titel juara. Tahun ini, perebutan gelar kembali terjadi di race terakhir di Valencia, Marquez vs Lorenzo. Di atas kertas, peluang Marquez untuk jadi juara masih besar dengan keungulan 13 poin dari Lorenzo dan cukup finish di posisi 4, tapi tetap saja semua masih bisa terjadi. Kalo perkiraanku sih, Marquez yang akan juara mengingat konsistensinya sepanjang musim, asal nggak bikin kesalahan pas race, Marquez aman.

Dan benar saja, di race yang berlangsung 30 lap, Marquez cenderung bermain aman. Duel seru malah terjadi antara Lorenzo vs Dani. Saat start, Lorenzo langsung melesat seperti biasa, diikuti Dani dan Marquez di belakangnya. Dani terus-terusan menyerang Lorenzo dan berkali-kali berhasil mengovertake, tapi berkali-kali juga Dani diovertake balik sama Lorenzo dan beberapa kali sempat senggolan. Sampai akhirnya entah di lap keberapa, waktu Dani berhasil overtake Lorenzo lagi, Lorenzo juga overtake balik lagi dan nyenggol Dani cukup keras sampai keduanya melebar hampir keluar lintasan di turn 2. Marquez mengambil keuntungan dan naik ke posisi 1, Lorenzo berhasil balik ke posisi 2, tapi Dani keburu disalip Rossi dan Bautista, jadi turun ke posisi 5. Well, Lorenzo beneran berlebihan kali ini. Oya, katanya overtake Lorenzo ke Dani mau diinvestigasi Race Direction after race, but i guess nothing gonna happen.

Selanjutnya, duel berganti jadi Marquez vs Lorenzo. Salip salipan kembali terjadi, tapi Marquez tampak nggak seagresif biasanya, jadi duelnya nggak seseru Dani Lorenzo tadi. Akhirnya Lorenzo kembali ke posisi terdepan setelah beberapa kali mengovertake Marquez. Sementara Dani pushing hard di belakang dan menyalip Bautista, dan kemudian Rossi untuk tempat ketiga. Posisi jadi Lorenzo – Marquez – Dani. Dani tampaknya nggak mau puas di posisi 3, jadi dia berusaha keras ngejar Marquez, memperkecil gap sedikit demi sedikit dan akhirnya berhasil mengovertake Marquez beberapa lap jelang finish. Tapi Lorenzo di depan sudah nyaris tak terkejar, jadi akhirnya posisi saat finish udah nggak berubah. Lorenzo – Dani – Marquez.

Dan dengan keunggulan 4 poin dari Lorenzo, resmilah sudah Marc Marquez jadi MotoGP World Champion 2013! The youngest ever dan memecahkan rekor milik Kenny Roberts di tahun 1978 dan jadi rookie yang langsung jadi juara dunia di tahun pertama. As i expected, so well done Marc, congrats!

Btw, meskipun nggak menang, tapi fighting spirit Dani di race terakhir ini mengagumkan, yakin! Bikin Lorenzo repot di lap-lap awal, many overtakes, pushing hard meski terlempar ke posisi 5 dan akhirnya bisa finish di posisi 2. Ini Dani yang selama ini kucari-cari! Seandainya Dani tampil begini mengagumkan sepanjang musim. But well, seperti kata Seb, “You can’t change what happened, but you can still change what will happen”. So Dani, please come back this strong or even stronger next year okay? Your happy moment is yet to come, but soon. Just believin yourself, Dani.  

And the hardest part is come, the final race is over, so its really over now? This season is over?? Oh God, welcome puluhan minggu yang membosankan tanpa Dani.

"Jangan sedih ya, Dif? Akunya istirahat dulu. Ketemu tahun depan!"
 #10HariNgeblog #Day5

No comments:

Post a Comment