Thursday, March 13, 2014

Selamat Datang, F1 Musim 2014


Setelah menunggu selama 100 sekian hari, akhirnya salah satu tontonanku kembali. Besok, 14 Maret 2014, aku akan bisa nonton mobil-mobil F1 beradu kecepatan lagi di free practice hari pertama, yay! Balapan pertama di musim ini dihelat di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia tanggal 16 Maret 2014. Musim baru, dengan regulasi baru, dan driver line up baru (Seb dengan Daniel Ricciardo sekarang). Mulai musim 2014 ini, ada perubahan besar di F1, dimana mesin turbo V8 akan digantikan dengan mesin V6. Dan perubahan-perubahan kecil lain yang semakin sulit dimengerti, dan sempat jadi perdebatan, poin ganda di race terakhir misalnya.


Dengan perubahan regulasi yang bener-bener besar ini, semua tim, termasuk supplier mesin (Mercedes, Renault, Ferrari) berlomba-lomba memberikan awal yang menjanjikan. Desain mobil hampir semua berbeda, dan terus terang aja, desain mobil tahun ini bener-bener jelek, terutama hidungnya. So far, desain RB10 lah yang paling mendingan menurutku. Hmm, tapi gimana dengan kecepatan dan performanya?


Selama tes pra musim 2014, performa RB10 belum secantik desain mobilnya. Alias belum sesuai harapan. Alasan utama, Renault belum bisa memberikan mesin yang cukup andal. Reliabilitasnya masih dipertanyakan. Dalam beberapa hari tes, RB10 mungkin hanya mampu melahap 1/3 catatan lap yang dibuat oleh rivalnya, tim dengan mesin Mercedes atau Ferrari. Banyak sekali masalah di RB10. Ibaratnya selesai 1 masalah, muncul sekian masalah baru. Bahkan sampai tes pra musim terakhir di Bahrain, tampaknya masih banyak masalah yang belum terselesaikan.

Is it a bad sign? Bisa iya, bisa nggak. Tergantung. Vettel hatters pasti seneng banget liat Seb dan RBR yang menang terus-terusan 4 tahun berturut-turut akhirnya ada di titik terbawahnya. Malah ada yang udah memprediksi kalau tahun 2014 ini akhir kejayaan Seb. Prediksi yang aneh menurutku, musim 2014 bahkan belum dimulai. Ada jalan panjang sampai akhir musim, dan banyak hal masih bisa terjadi. Tes pra musim memang bisa jadi gambaran, tapi bukan berarti memberi jaminan gimana musim akan berlangsung.

Tapi ada juga yang berpikiran positif, kalau masalah seperti ini justru akan membuat Seb dan RBR makin kuat. Kenapa? Karena mereka akan berusaha berkali-kali lipat untuk kembali jadi yang terbaik. Dan ini yang aku percaya. Terus terang aja aku masih deg-degan nunggu free practice pertama besok pagi, but i have faith in Seb and RBR. Kombinasi maut.

Mungkin banyak yang melupakan fakta kalau sebelum Seb gabung di RBR, RedBull itu tim yang biasa-biasa aja dan belum pernah menang sekalipun. Dan sudah ada om Adrian Newey yang diagung-agungkan sebagai jenius di balik kesuksesan RBR saat itu. Tapi, RBR mulai berubah jadi winning car saat Seb mulai bergabung di tahun 2009. Bahkan di musim pertamanya bersama RBR, Seb keluar sebagai runner up di akhir musim dan jadi juara dunia termuda untuk pertama kalinya di musim 2010.

Di musim 2013 lalu, saat Seb menang sampai 9 kali berturut-turut, Seb berkali-kali bilang ke timnya untuk enjoy this moment. Seb sepertinya sadar kalau kejayaan mereka nggak akan berlangsung selamanya. Dan yah, sepertinya nggak butuh waktu lama untuk membuktikan kekhawatiran Seb itu. Dengan hasil tes pra musim yang seperti itu, target Seb untuk race pertama di Melbourne nanti bahkan bukan buat menang, tapi buat finish. Astagaa, ini bukan Seb banget sumpah! Yes i know he’s trying to be realistic, but, no no no! Don’t worry, Seb! A true fighter like you wouldn’t give up this easy. Secepatnya, Seb dan RBR akan kembali ke jalan yang benar. Untuk tim yang terbiasa bekerja keras, itu pasti.


Empat gelar juara dunia berturut-turut nggak diraih semudah membalikkan telapak tangan. Semua hasil dari kerja keras. Seb dan RBR pasti akan berusaha ratusan kali lebih keras dari biasanya. The good thing is.. makin deket ke race pertama, Seb makin positif dan makin tenang-tenang aja.

Seb: “Formula One racing is something that i love and i can’t wait to get going. It’s fair to say that we’re not the favorites to win, but we’ll do our best with the great people that we have working for the team

So, fighting Seb! Semoga besok Suzie jadi anak baik, berhasil finish, dan bonus berhasil naik podium.


See you tomorrow morning, Seb! I’m sooooo excited with this new season. Bring us back your trademark finger! *Oops, it’s already back! :p*


And officially, selamat datang F1 musim 2014! 

No comments:

Post a Comment