Sunday, November 16, 2014

Sepang Trip 2014: Finally I Met Him

24 October 2014. I’ll remember this day forever, because finally i met my the one and the only, Dani Pedrosa. Setelah melalui malam yang menegangkan dan bikin nggak bisa tidur setelahnya, aku tetap kebangun sebelum subuh. Terpaksa deh merem-merem lagi. Jam 6 kurang seperempat bangun sholat subuh, tidur-tiduran lagi, baru jam setengah 7 mandi. Itu temen sekamarku masih pada tidur. Rencana hari ini emang mau berangkat ke sirkuit pagi-pagi demi mencari kabar tentang paddock pass kita.

Jadi ceritanya, kita udah bela-belain bikin membership official sama club fans Dani di Spanyol karena tergiur keistimewaan akses paddock. Membership udah diurus sebelum bulan Mei, tapi karena ada sedikit halangan, transfer ke Spanyolnya agak terlambat dan kalau dihitung-hitung waktu shippingnya yang sampai 2 bulan agak mepet sama jadwal keberangkatan kita ke Sepang. Udah lebih dari 2 bulan sebenernya, tapi paket yang ditunggu-tunggu tak kunjung sampai. Kita semua udah galau berat gara-gara ini. Tapi untunglah, club fans di sana baik sekali, meskipun member belum sampe, kita tetep dibantu untuk dapet paddock pass. Dari hasil kontak-kontakan via whatsapp, paddock pass kita ada sama Raul Jara dan mau dititipin di hotel. But the problem is, hotelnya siapaa? Kalo hotel kita kok kayaknya nggak mungkin ya, wong terpencil gini? Hahaa..

Belum ada kejelasan sampai Jum’at paginya. Jadi misi kita hari ini adalah nyari om Raul dan nanyain soal paddock pass kita. Aku yang tadinya ngajakin Oya buat jalan-jalan dulu ke Chinatown paginya baru siang ke sirkuit buat pitlane walk membatalkan rencana dan langsung ke sirkuit dari pagi, ketemu om Raul lebih penting (wait, kenapa om Raul lebih penting dari Dani? Hahaa.)

Jam 8-an kita udah pada cantik dan siap berangkat ke sirkuit. Perjalanan ke sirkuit kira-kira setengah jam naik taksi, dan ongkosnya RM 40. Kalo sendirian bayar segitu ya tekor, ini untungnya rame-rame, jadi bisa dibagi 4 atau 5 orang (taksi sana nggak mau ngangkut lebih dari 5 orang btw, kecuali terpaksa, haha).


Jam setengah 9-an, kita sampai di gate utama Sepang International Circuit (SIC). Aak, ini pertama kalinya aku melangkahkan kaki di Sepang sirkuit, sulit dipercaya! Kita mampir ke Welcome Centre dulu buat ambil schedule race baru lanjut jalan ke arah Main Grandstand sambil foto-foto di Mall Area. Mall Area ini ada di sepanjang Welcome Centre sampai gerbang masuk Main Grandstand, isinya macam-macam booth yang berhubungan sama racing. Mulai dari merchandise official, apparel balap, sampai booth bir sponsor.


 
Tak ada motornya abang, motor Casey pun jadi..
Karena masih hari pertama, dan masih pagi pula, sirkuit belum terlalu rame. Hari Jum’at belum ada pemeriksaan tiket, jadi pemegang tiket non Main Grandstand pun masih bisa masuk. Pemeriksaan barang bawaan sudah ada, tapi belum terlalu ketat. Biasanya yang disita makanan sama minuman karena kita nggak boleh bawa dari luar, jadi umpetin yang bener ya.. *eh

 

Jam 9 kita sudah duduk manis di Main Grandstand North, persis di seberang garasinya abang. Waktu itu masih jadwalnya Free Practice 1 Moto3, dan pertama kali denger suara mesin Moto3 itu yang, aak telingaku! Berisik banget sumpah. Garasi abang masih tertutup waktu itu, tapi begitu perlahan-lahan garasi dibuka, motornya abang dipanasin, abang muncul di garasinya sampai abang keluar karena udah waktunya FP1 MotoGP. Rasanya yang, “Aaah, si abang berdiri beberapa meter di depanku, dan kita cuma dipisahkan lintasan.” Rasanya nggak percaya. Maklum nggak seperti temen-temenku yang udah berkali-kali ketemu abang, ini pertama kalinya si abang ada persis di depan mataku. Haha, padahal masih terpisah jarak 20 meter tapi udah seneng banget gini. 

Itu ada abang baru turun dari motor, keliatan kan?
Oh ya soal misi kita nyari om Raul, untunglah we have our angel, Zahra. Zahra yang dapet paddock pas dari kenalannya mekanik Paginas Amarillas, timnya Maverick Vinales, berbaik hati meminjamkan paddock passnya buat kita bergantian. Waktu itu kita berdelapan, biar adil kita bikin kocokan buat nentuin urutan masuk paddock, per orang jatahnya 30 menit. Aku dapet urutan keempat setelah Fifi, Dina, dan Oya. Kita mulai masuk setelah FP1 MotoGP selesai.

Tunnel yang ke paddock ada di sebelah kiri foto, yang ada mas-mas 2 pake baju merah
But, Fifi yang dapet giliran pertama failed. Baik om Raul atau Dani nggak ada yang keluar. Dina juga failed. Oya juga. Hiyaaaak, makin deg-deganlah aku. Kalo aku berhasil ketemu om Raul terus saking groginya aku nggak bisa ngomong gimana? Sudah jam 1 waktu giliranku masuk paddock. Aku masuk dari paddock tunnel 1, cuma yang punya paddock pass yang bisa lewat tunnel (terowongan persis di bawah start/finish track) karena ada yang jagain persis di pintu tunnel.

Hospitality Repsol Honda Team 
Om Mike!
Waktu jalan turun aja udah grogi, apalagi pas masuk paddocknya. Mimpi apaa aku semalem sampe bisa jalan-jalan di paddock gini? Aku jalan straight langsung ke garasinya Repsol Honda dan nongkrong di depan hospitality mereka. Karena fokusnya ke om Raul, aku nggak terlalu aware sama mereka yang mondar mandir di depan paddock. Ada om Mike Leitner, chief mekaniknya Dani, juga tak biarin lewat aja, tapi seneng ih liat om Mike tampak happy gitu. Biasanya kalo disyut kamera di samping Dani ekspresinya serius terus, ternyata dalam kondisi santai si om Mike senyum-senyum juga. Ada Stefan Bradl, yang juga kubiarin lewat. Ada om Emilio Alzamora, kalo yang ini jelas nggak bakal kuajak foto, ups.. ini masalah sentimen pribadi, haha.


Tapi sih waktu om Livio Suppo keluar dari hospitality tak ajak foto juga.. dan mau, baik banget om Suppo ih. Dan nggak lama setelah foto sama om Suppo, orang yang ditunggu-tunggu muncul.. om Raul!! Om Raul keluar dari hospitality bawa sepiring semangka yang mungkin buat Dani (duh om, bagi-bagi kek satu, panas banget nih :p). Nggak mungkin menyia-nyiakan kesempatan, om Raul langsung kucegat sebelum masuk lagi ke garasi. Om Raul berhenti, dan meskipun super gugup aku berhasil juga nanyain soal member dan paddock pass. Om Raul langsung ngerti dan bilang paddock passnya ada di hotel, bisa diambil atas nama.. Om Raul ngecek hapenya bentar (dan aku ikut ngelongok, bok ini hapenya Raul Jara.. mumpuung!) dan nyebutin nama Fifi. Jadi, paddock passnya udah dititipin di hotel tempat Dani dan om Raul nginep, so kita tinggal ngambil ke sana. Aak, finally! Tapi sayang om Raul lagi buru-buru dan menolak saat kuajak foto bareng.. L

Di sinilah tempat pertemuan pertamaku dengan om Raul ;")
Gpp deh, masih ada lain kali, kalo udah megang paddock pass kan masih bisa nongkrongin om Raul lagi (wait, kok om Raul lagi sih Dif? Dani dong, Danii.. haha). Setelah itu om Raul masuk ke garasi, dan aku masih shaking! Gimana nggak gemeteran sih akhirnya bisa ketemu om ganteng yang selalu setia di samping Dani, sampe ngobrol pula! Aku kan fans yang terdistraksi, nggak cuma ngefans sama Dani, tapi sama manajernya juga, haha. I’m feelin soooooo lucky that day! Temen-temenku udah nongkrong lama tanpa hasil, tapi aku baru masuk bentar udah ketemu target. Hehe, rejeki anak soleh, alhamdulillah..

Aku langsung ngabarin temen-temenku yang masih pada nongkrong di Main Grandstand kalau mission complete! Mereka lega dan aku diminta balik, beloman setengah jam sih, tapi berhubung nggak ada tanda-tanda Dani bakalan keluar juga, yaudah aku balik aja. Gantian sama yang lain buat masuk paddocknya.

Aku balik ke Main Grandstand dengan wajah sumringah. Gimana nggak sumringah? Habis ketemu om-om ganteng, ahahaa. Dan kita pun deal untuk ke hotelnya abang setelah kelar pitlane walk. Setelah itu aku duduk-duduk bentar sambil nonton FP2 Moto3, terus ke mushola buat sholat dzuhur dijamak ashar. Dan ternyata, di Sepang sirkuit yang panasnya naudzubillah, ada tempat yang super adem.. mushola. Beneran adeeem banget, drastis banget sama suasana di luar. Jadi betah deh nongkrong di mushola lama-lama, haha.

Sepangnya hujan, jadi si abang duduk-duduk aja di garasinya..
Ajaibnya Sepang, cuaca yang tadinya panas, tau-tau ujan aja gitu. Aku sama Oya jadi bingung keluarnya gimana ini dari mushola karena ujannya lumayan deres. Tapi karena takut FP2 MotoGP udah keburu mulai, kita terobos aja ujannya, untung deket aja. Dan FP2nya ternyata delay karena ujan. Emang lumayan sih ujannya, jadi yang daritadi mondar mandir cuma safety car yang ngecek kondisi track.


Sambil nunggu FP2 mulai, kita foto-foto sama fans Dani dari Australia, namanya Adrienne. Adrienne ini ternyata sudah nonton racenya Dani kemana-mana. Dia member official juga, dan kemaren baru dari Brno, tapi malah nggak nonton race Phillip Island karena lagi di Eropa terus sekarang juga nonton di Sepang. Aduh aduh, enak banget yaa mbak ini, bisa nonton race kemana-mana. Aku baru mentok ke Sepang aja udah seneng..

Oya, nggak lama hujan berhenti dan FP2 MotoGP dimulai. Aku sempat nonton Dani beberapa kali lewat dengan RC213Vnya, tapi terus kita buru-buru cabut buat antri pitlane walk sebelum FP2 selesai. Jadwal pitlane walknya sih masih 16:40 – 17:20, tapi kalo nggak cepet-cepet antri ntar bisa nggak kebagian karena yang bisa masuk cuma untuk 1.500 orang pertama. Jadi sebelum jam 3 kita udah keluar dan mulai antri di depan gerbang Main Grandstand, waktu itu antrian belum terlalu panjang.


Antri pitlane walk ini lumayan lama juga, karena paling cepet jam setengah 5 baru kita bisa masuk. Waktu awal-awal antri sih cuaca masih enak karena abis hujan, tapi lama-lama sama aja, panass. Keringat sampe bercucuran, udah payungan dan kipasan tetep nggak ngaruh. Mantap jaya kok emang panasnya Sepang ini.


Jam 4-an, antrian mulai jalan. Belum buat masuk, tapi pindah mendekat ke tunnel 2, tempat kita masuk ke paddock nanti. Di situ masih lumayan juga nunggunya, soalnya tadi FP2 delay gara-gara ujan sih, jadi ke belakangnya juga mundur waktunya dan kita masih nunggu free practice Asia Talent Cup kelar.


Jam setengah 5, baru deh kita jalan melewati tunnel yang nembus ke paddock. Itu juga masih nunggu karena jatahnya Asia Talent Cupnya belum kelar, padahal udah sore banget. Kira-kira jam 5, baru deh kita bisa masuk pitlane dan jatahnya cuma setengah jam . Langsung menghambur ke depan garasinya abang dong ya.. yang sayangnya dalam kondisi tertutup.  Yaah.

Om, sengaja amat berdiri di situ, mana pose segala lagi..
Udah dipanggil-panggilin, tetep nggak ada tanda-tanda keberadaan Dani. Karena kesorean kayaknya si abang udah pulang deh ini. Yaudah deh akhirnya kita foto-foto doang di pitlane. Nggak lama garasinya Marquez kebuka, tapi sama aja orangnya juga udah nggak ada. Sementara garasi Dani sampe kita balik juga tetep tertutup.

 

Jadi yaudah deh kita mau cepet-cepet balik aja, meskipun tetep aja nyangkut lagi buat foto-foto, haha. Sampai akhir pitlane walk, rider yang muncul cuma Valentino Rossi. Itu juga dia cuma lewat doang, dan langsung bikin heboh.

Tampak belakang Valentino Rossi :p
Kita keluar lewat tunnel 1 dan langsung keluar Main Grandstand. Rencana awal sih mau langsung ke hotelnya abang, tapi muka kucel keringetan gini kok kayaknya nggak banget kalo ntar ketemu si abang. Jadilah kita balik dulu ke hotel buat mandi-mandi. Setelah cantik, baru deh keluar lagi. Dan lagi-lagi udah malem, udah hampir jam 8 waktu itu. Kamar mandi di kamarku airnya sempet ngadat sih, kudu nunggu dibenerin dulu (a part of hotel yang nggak meyakinkan, haha).

Kita pergi bertujuh, minus Tristan dan teman-temannya karena mereka mau tuker duit ke Bukit Bintang dulu. Tadinya sih mau ikut ke Bukit Bintang dulu, tapi karena air ngadat dan kasian Tristan nunggu kelamaan, jadinya Tristan dkk biar pergi duluan dan kita langsung ke hotel abang. Sebelumnya sih cari makan dulu, karena lagi-lagi tadi kita skip makan siang. Anehnya, aku nggak selapar biasanya. Perutku anteng meskipun cuma diganjel bengbeng maxx, mungkin efek excitement gara-gara abang kali ya, laper jadi nggak berasa, hahaa.

Kita makan malem di deket hotel, tadinya sih mau bungkus aja. Tapi nanggung, jadi sekalian makan situ aja dulu bentar. Aku makan nasi lemak super murah meriah di sini, RM 1,2 aja masaa? Lauknya cuma ikan kecil-kecil sama sambel sih, tapi lumayan lah buat isi perut. Minumnya yang malah lebih mahal, aku beli es milo yang harganya RM 1,8. Baru ini aku makan di luar, makanannya jauh lebih murah daripada minum, haha.

Our precious paddock pass
Kelar makan, lanjut cari taksi ke hotel abang (i’m not gonna say the hotel’s name, my mouth are zipped! :p). Karena kita bertujuh, terpaksa harus pake 2 taksi. Lumayan jauh, dan ongkosnya sama kalo jalan ke sirkuit, RM 40. Kira-kira jam setengah 10, kita sampai hotel dan langsung ambil titipan om Raul. Alhamdulillah beneran ada :”).. Om Antonio dari club fans sih bilangnya kita bisa dapet 4 atau 5 paddock pass, tapi ternyata di amplop cuma ada 3. Yaudah lah ya, lumayaan daripada nggak dapet sama sekali. Kita terus mulai menyusun rencana buat besok sambil foto-foto dan mata ngelirik kemana-mana, kali aja Dani lewat.


Di hotel banyak juga yang nongkrongin rider kesayangan masing-masing. Selama nunggu abang ada om Mike Leitner lewat. Dan setelah tadi di paddock aku biarin lewat aja, kali ini om Mike kita cegat dan diajak foto bareng. Alhamdulillah om Mike yang baik hati mau. Terus ada Jorge Lorenzo, tapi dia buru-buru, orang pada ngejar dan ngajak foto bareng aja dia nggak mau. Itu btw si Hohe darimana ya? Doi stylish banget gayanya (beda banget sama abang).

 

Habis Hohe lewat, ada om Cal Crutchlow dan kayaknya ada Lucy juga. Tapi om Cal juga tampak buru-buru, sampe pura-pura angkat telpon gitu lagi (yang diketawain sama Dina, haha). Ada om Puig juga, tapi aku nggak ikut nguber.. karena tadi sekelebat aku lihat bayangan Dani.

Dani? Beneran Dani? Sepertinya begitu. Aku agak telat respon sih waktu Oya bilang ada Dani, aku malah sibuk nyiapin kamera sampe nggak ngeliatin si abang. Abang cuma keliatan sekelebat masuk ke bar sama om Raul. Aak, om Raul! Om Raulnya berhenti bentar waktu dipanggil sih, tapi terus masuk lagi.

Dani ada di dalam bar ini
Jadi, aku sama Oya nongkrongin itu bar persis di depan pintunya, nunggu sampe abang keluar.. sampe akhirnya kita diusir secara halus sama satpam hotel, haha. Kita pun melipir ke lobby lagi sambil terus lirik-lirik ke arah bar, juga sambil foto-foto. Udah semakin malem, dan karena takut kemaleman pulang, aku bilang ‘kita pulang jam 11 aja ya?’

Dan persis 5 menit sebelum jam 11, Dani keluar dari bar. Akhirnya, Daniiii! Waktu itu Dani keluar tanpa om Raul, tapi sama bodyguardnya. Nggak ada yang berani mendekat karena bodyguardnya udah ngasih isyarat untuk stay away. Tapi mumpung Dani ada persis di depan mata, aku tetap mendekat sambil bilang kita dari Indonesia. Dani tadinya mau langsung masuk ke lift, tapi kata ‘Indonesia’ rupanya jadi trigger buat Dani untuk berhenti. Dani bahkan menepis tangan bodyguardnya dan bersedia buat foto bareng. 

 

It was a short moment, kita cuma bisa ambil 2 foto, satu foto bahkan kabur karena tanganku gemeter gara-gara berdiri persis di sebelah Dani, but his kindness really makes me dying. For sure, 24 October 2014, i will remember this day forever!

Tadi siang aku merasa sangat beruntung setelah ketemu om Raul. Dan malam ini, rasanya aku berkali-kali lipat lebih beruntung. Ini pertemuan pertamaku dengan Dani, bener-bener pertama kalinya, dan langsung dapet foto bareng itu rasanya yang.. aku mimpi apaa semalam? Mana Dani ternyata beneran baik banget, aduh aduh, abaaaaang... thank you so much for toninght!

Perkiraanku buat cabut jam 11 ternyata benar adanya, karena abang udah naik ke kamarnya jadi waktunya untuk pulang. Tapi karena pake acara duduk-duduk dulu bentar, keluar hotel jadi udah agak malem, belum foto-foto di depan hotel segala. Akibatnya, susah sekali cari taksi. Kita sampe nunggu di dua sisi jalan, tapi nggak ada taksi lewat, ada yang lewat pun nggak mau berhenti. Hiks, kita udah panik gimana ini kalo nggak bisa pulang, tapi terus ada supir taksi baik hati berhenti di deket kita yang hopeless. Dia udah nggak narik lagi, tapi kita dianterin ke tempat yang lebih oke buat nyari taksi.. yang mana adalah bandara KLIA!

Haa, jadi seberang jalan tempat kita nunggu taksi lewat itu udah KLIA?? Tau sih kalo hotelnya abang itu deket KLIA, tapi kita nggak tau kalo sedeket ini, haha. Kita pun akhirnya pesen taksi di kedatangan KLIA, tapi lagi-lagi kita ditolak karena Nilai itu masuk daerah antah berantah, supir taksinya nggak tau jalan, dan kita bertujuh pun. Jadi akhirnya terpaksa kita pesen 2 taksi lagi, dan karena udah lewat midnight, ntar kena charge 50%. Hiks, kejamnya dunia, tapi ya mau gimana lagi, daripada nggak bisa pulang.

Tapi untunglah, ternyata ongkosnya ‘cuma’ RM 50 udah plus charge. Hih, jadi taksi-taksi ke sirkuit selama ini dapet untung banyak banget dong?  Itu dari KLIA ke hotel kita aja cuma RM 25 berdasarkan argo.

Sampe hotel udah tinggal istirahat, dengan senyum lebar efek habis ketemu abang. Haha, have a good rest and see you again tomorrow!


Note:
Tanpa sadar postingan ini jadi panjaaaang banget! Harap maklum ya, aku memang terbiasa menulis sedetail ini kalo liburan. If someday my memories about this journey going to fade away, i still have this blog post to remember it again clearly. Altough i'm sure i'm not gonna forget this part.. :")

3 comments:

  1. Waahhh beruntungnya kak difa dan kawan-kawan :')
    Tahun 2016 ada rencana buat ke sepang lagi ga kak?

    ReplyDelete
  2. kak mau nanya, hari jumat di masjid sirkuit sepang ada sholat jumat? terimakasih ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf banget ya kurang tau, tapi kecil aja sih itu musola yg di main granstand..

      Delete