Thursday, May 16, 2013

5 Days Escaping to Singapore - Kuala Lumpur #2

Aloha, aku kembali! Hari ini kita (aku dan nana) memulai petualangan di Singapur. Jam 7 pagi kereta yang membawaku ke Singapur sampe di imigrasi Malaysia, cap paspor keluar Malaysia dulu, tapi sih kita nggak keluar kereta, petugas imigrasinya yang datangin ke tiap gerbong, enak ya? Hoho.. kereta lanjut jalan lagi dan nggak lama kereta berhenti, kita sudah sampai di Woodlands Checkpoint. Jadi, kalo naek kereta Malaysia – Singapura itu kita turunnya di woodlands checkpoint, itu ada di bagian utara Singapur, jadi lumayan jauh sama pusat kota. Setelah pengecekan paspor dan semua aman terkendali, waktunya cari stasiun MRT terdekat. Dari woodlands checkpoint, kita bisa naik MRT dari stasiun Kranji, Marsiling, atau Woodlands, kita pilih langsung ke MRT Woodlands, tapi karena jaraknya cukup jauh, kita kudu naik bis dulu. Pertama kali nyampe Singapur dan banyaak banget jalur bis yang lewat, yang ada kita bingung, mana nggak ada recehan buat bayar lagi. Untunglah ada bapak2 yang juga mau ke MRT Woodlands dan nyuruh kita ikut bis yang dia naikin aja, soalnya jalur itu yang nggak pake muter-muter dulu.

Tujuan pertama kita hari itu adalah stasiun MRT Ang Mo Kio, tempat terdekat buat beli Singapore Tourist Pass atau STP. Jadi dengan membayar $20 buat 3 hari plus deposit $10 yang akan balik kalo kartunya nggak dipake lagi, kita bisa sepuasnya naik bis, MRT, atau LRT. Pake EzLink bisa juga sih, tapi males kalo kudu top up, takut bingung, haha. STP ini nggak bisa dibeli di sembarang stasiun MRT, kita kudu beli di ticket office yang ada di stasiun MRT Changi, Orchard, Chinatown,City Hall, Raffles Place, Ang Mo Kio, Harbour Front, sama Bugis. Pilih aja yang terdekat dari posisi kita, kalo dateng naik pesawat di Changi, belilah di MRT Changi. Kalo naik kereta kayak kita ini paling enak beli di Ang Mo Kio, tempat beli terdekat dari Woodlands, soalnya semakin jauh jarak yang ditempuh, makin mahal juga tiket MRTnya.

Nah, beres urusan STP, kita lanjut ke Bugis, hostel kita ada di daerah situ. Perjalanan lama dan berdiri pula, pegeel. Jam setengah 11 kita sampai di MRT Bugis, lanjut jalan sekitar 500 m sambil celingak celinguk nyari hostelnya dan akhirnya ketemu. Tapi sayangnya kita baru bisa check in jam 12, padahal badan udah gerah banget pengen mandi, jadi deh kita titip ransel terus look around sekitar hostel. Oya, kita nginepnya di ABC Backpacker Hostel, nggak terlalu jauh dari stasiun MRT dan di deketnya ada tempat tujuan oke, Masjid Sultan sama Kampong Glam, jadilah kita kesana dulu. Seperti inilah kira-kira penampakan Masjid Sultan.

Masjid Sultan selokasi sama Kampong Glam, dan aku suka suasananya. Di kampong glam, banyak juga yang jualan souvenir, soal harga ada yang sama kayak Chinatown, ada yang sedikit lebih mahal, tapi sih aku nggak beli apa-apa disana. Aku hanya mengamati, burung-burung yang sering ada di pelaataran taman luar negeri (ini emang di luar negeri, difaa). Anak-anak SD yang diajari cara make sarung sama gurunya. Bule-bule yang masuk Masjid Sultan dan pake jubah khusus. Rolls Royce yang diparkir di pinggir jalan.

Kelar mengamati dan foto-foto sedikit, aku mulai lapar dan ngajak Nana cari makan, tapinya Nana belum laper, jadilah setelah bingung2 dulu, aku nyangkut di warung padang deket hostel. Haha, jauh-jauh ke Singapur makannya di warung padang juga. Makannya pake ayam gulai sama es teh habis $7,2 cobaa, nana yang pesen nasi sama sayur tahu bayarnya cuma $2, hiks, aku nyeseel makan nasi padang, ternyata mahal banget.

Kelar makan udah jam 12 lebih, kita balik ke hostel dan masuk kamar. Kita pesen female dorm 4 bed, dan 2 bed lain masih nganggur. Karena konsepnya dormitory, jadi bayangin aja kamar asrama, sempit, cuma ada bed tingkat, laci besar buat nyimpen bawaan, sama meja, udah. Kamar mandi juga sharing.

Sempit kaan kamarnya?
Setelah kenalan sama kasur bentar, waktunya mandi dan siap-siap pergi. Selagi siap-siap, ternyata teman sekamar kita datang, 2 orang, dari Jogja ternyata, haha. Jam 3 kita siap cabut dan ke halte bis yang deket banget sama hostel, tinggal nyebrang jalan gede doang. Lalu kemana tujuan pertama kita? Hoho, kita akan ke Sentosa Island! Kita naik bis ke Harbour Front, naik MRT juga bisa sih, tapi kalo ada bis yang haltenya deket dan langsung nyampe juga kita sih milih naik bis aja. Bisnya tingkat lagi, lumayan lah, di Indo belom pernah naik. Sampe Harbour Front, kita masuk ke Vivo City, mall yang di bawahnya ada stasiun MRT dan di lantai paling atasnya ada MRT ke Sentosa. Jadi, akses utama ke Sentosa itu dari Vivo city, ada 3 jalan menuju sentosa, jalan lewat Sentosa Broadwalk (bayar $1 sebelum masuk Sentosa), naik MRT langsung ke Sentosa ($3,5 pp), sama naik kereta gantung (yang ini aku nggak tau bayarnya berapa). Karena pengen menikmati suasana sore sambil santai aku sama nana milih jalan aja lewat Sentosa Broadwalk *padahal sih pengen ngirit*. Sebelum jalan ke Sentosa, kita naik dulu ke lantai paling atas Vivo city buat beli  tiket Song of the Sea, harganya $12 untuk kursi biasa dan $15 untuk premium seat. Bedanya apa? Yang premium seat cuma ada sandaran kursi sama tempatnya persis di tengah. Bisa nebak aku beli yang mana? Yak, betul, yang lebih murah tentu saja. Oya, kelar dapet tiket dan sambil muter-muter Vivo city, kita kembali kepincut Burger King, akhirnya belilah buat cemilan sore $5 buat 2 burger, memang nggak semurah BK KL Sentral, tapi lumayanlah.

Pemandangan dari lantai atas Vivo city
Dan ternyata suasana sore di harbour front beneran nyenengin, cocok buat pecinta sore kayak aku. Kita sih santai-santai dulu sebelum jalan ke Sentosa, duduk-duduk di pinggir laut sambil makan burger, foto-foto baru deh jalan lewat Sentosa Broadwalk.

Sentosa Broadwalk ini ada eskalator datarnya, cocok lah buatku yang belom apa2 kakinya udah sakit2 kebanyakan jalan. Dari vivo city ke sentosa jalan paling 600an meter, nggak jauh-jauh amat lah, tapi aku jadi penasaran sama peta pulau Sentosa, kok ya deket amat?

Kalo biasanya orang ke Sentosa tujuan utamanya main di Universal Studio sampe puas, kita mah nggak, tujuannya simple, foto di depan globe, foto di depan candylicious, liat merlion gede, sama nonton Song of the Sea.

Liat sunset sebelum Song of the Sea mulai
Nah, tujuanku tercapai sudah! Dan aku happy banget nonton Song of the Sea, di Samarinda kagak ada yang begituan, haha, keren lah pokoknya. Oya, dari pintu masuk Sentosa sampai ke pantai tempat Song of the Sea itu jauuuuuh banget, aku nggak sanggup kalo kudu jalan balik, kakinya udah gempor, mana udah malem. Dari sore aja jalan dikit, istirahat, jalan lagi, istirahat lagi, begitu terus. Jadi deh kita iseng naik ke tempat MRT, ikut dempet2an sama banyak orang yang juga kelar nonton. Sempet khawatir ntar nggak bisa keluar, kan kita nggak punya tiket MRTnya, tapi untunglah, kita nggak perlu tap kartu buat keluar, portalnya udah kebuka sendiri, pfiuuh, amaan.

Habis itu baru deh kita turun ke lantai bawah Vivo city a.k.a stasiun MRT Harbour Front, buat melanjutkan perjalanan ke Mustafa Center. Kalo mau ke Mustafa, lebih deket turun di MRT Ferrer Park dibanding Little India, meskipun Mustafa ada di daerah Little India. Jadi, Mustafa ini adalah mall murah meriah *menurut orang-orang* yang luas dan membingungkan. Ada banyak pintu masuk, dan beda pintu masuk beda pula barang yang dijual, jadi tetapkan mau beli apa, liat petujuk di dalamnya section yang kita cari disitu nggak, daripada udah muter-muter tapi yang dicari nggak ketemu. Tapi sebelum berburu di Mustafa, kita mau isi perut dulu, udah lumayan malem juga dan rada takut tempat makannya keburu tutup kayak di KL. Padahal sih kan Mustafa bukanya 24 jam, jadi tempat makan disekitarnya bukanya sampe malem banget. Kita makan nasi goreng $4, roti naan atau apa ya lupa namanya $1, sama minumnya es milo, yuhuu, kangen banget sama minuman favoritku.

Kelar makan, baru deh masuk Mustafa. Dan ya, kita salah masuk, malah nyasar ke bagian bumbu dapur sama buah-buahan, hadeeh, akhirnya keluar dan masuk ke pintu masuk 1, tempat coklat sama souvenir2 ada di lantai 2. Tujuan utamaku di Mustafa cuma buat beli coklat merlion buat oleh-oleh, souvenir juga ada sih, tapi aku udah berencana beli di Chinatown. Jadi dengan memboyong 2 box coklat merlion dan 500  g coklat aneka rasa, uangku $16,1 ludes. Dan ya ampuun, baru bagian coklat aja pilihannya banyaaak banget, bikin bingung milihnya. Makanya jam 11 malem baru kelar, hoho, malem banget ya. Dan kalo mau pulang naik MRT selain sudah nggak beroperasi, rutenya juga membingungkan. Alhasil kita pulang ke hostel jalan kaki, yah memang nggak terlalu jauh, tapi rada deg2an juga jalan malem2 gitu meskipun nggak sepi2 amat. Dan, kaki tambah gempor.

Sampe hostel waktunya istirahaat, sampai ketemu di petualangan hari berikutnya! :D