Thursday, May 30, 2013

F1 GP Monaco 2013


Seri keenam F1 tahun ini yang dihelat akhir pekan lalu di Circuit de Monaco, Monte Carlo memunculkan Nico Rosberg sebagai juara, diikuti Sebastian Vettel, Mark Webber, Lewis Hamilton, dan Adrian Sutil di posisi 5 besar. Nico Rosberg sebagai pemegang pole position berhasil mempertahankan posisinya hingga balapan berakhir di lap ke 78. Pole di Monaco adalah yang ketiga kalinya berturut-turut bagi Rosberg, setelah Bahrain dan Catalunya. Namun baru di Monaco Rosberg keluar sebagai juara, seri sebelumnya di Catalunya Rosberg hanya mampu finish di posisi keenam.

Balapan di sirkuit sepanjang 3.340 km dan 78 lap ini berlangsung penuh drama sekaligus sangat lama, safety car keluar 2 kali dan red flag dikibarkan sekali, membuat balapan ditunda 10 menit untuk kemudian restart. Safety car pertama keluar setelah mobil Felipe Massa menghantam dinding pembatas dengan keras, sempat menjalani pemeriksaan setelah race, untungnya kondisi Massa baik-baik saja. Akhir pekan kemarin memang tampaknya buruk untuk Massa mengingat saat free practice 3 Massa juga mengalami kecelakaan yang menyebabkan kerusakan parah di mobilnya. Massa bahkan tak mengikuti sesi kualifikasi karena tim mekanik Ferrari belum selesai memperbaiki kerusakan di mobilnya sehingga Massa terpaksa start dari posisi paling buncit (Massa juga terkena penalti 5 grid start karena mengganti girboks).

Menjelang lap 30 para pembalap berturut-turut masuk ke pit untuk mengganti ban. Setelah pitstop, Rosberg masih tetap berada di depan, diikuti Vettel dan Webber, sementara Hamilton turun ke posisi 4. Lap 46, red flag dikibarkan karena kecelakaan yang dialami Maldonado yang menyebabkan lintasan sulit dilewati. Race dihentikan sementara sampai sirkuit kembali normal. Kira-kira 10 menit kemudian, balapan dimulai lagi. Apakah drama sudah berakhir? Sayangnya belum, kembali terjadi kecelakaan yang melibatkan Grosjean dan Ricciardo, jadi safety car keluar lagi. Posisi balapan dari lap pertama sampai hampir berakhir relatif itu-itu aja, sirkuit jalanan Monaco ini super sempit, jadi overtaking agak mustahil disini. Tapi ada yang berhasil overtaking ding, Paul Di Resta sama Adrian Sutil dari Force India nyatanya bisa, Sutil malah mengovertake Alonso. Alonso tampaknya main terlalu aman, makanya sampe bisa dilewatin Sutil, sama Button. Sergio Perez sepanjang balapan ngebet amat pengen overtake mobil lain, tapi caranya nggak smooth sama sekali, hampir senggolan sama Button di awal balapan, terus di akhir-akhir mau nyalip Kimi malah senggolan kena ban belakang Kimi. Kimi terpaksa masuk pit, dari posisi 5 besar turun keluar 10 besar. Perez yang tadinya bisa lanjut balapan ternyata malah retire. Untung Kimi bisa finish ke 10, masih zona poin, itu aja doi yang udah ngomel-ngomel ke Perez. Pas diwawancara Kimi bilang, “somebody please slap him on the face”, HAHA, Kimi banget!

Vettel yang finish di posisi 2 dan Kimi finish di posisi 10 semakin memperlebar jarak mereka di klasemen pembalap.

Btw, udah ya? Bingung ah mau nulis apalagi. Yang jelas balapannya super lama dan membosankan, masa 2 jam 17 menit baru kelar?? Makanya postingan ini lama kelarnya, udah lama, isinya aneh lagi, hahaa.. *iya nggak nyambung, so i should stop, daah!*

No comments:

Post a Comment