Thursday, March 20, 2014

Selamat Datang, MotoGP Musim 2014


Cuma dalam hitungan jam, free practice pertama race perdana MotoGP di Sirkuit Losail, Qatar akan berlangsung. Setelah menunggu dalam keabadian seperti kata Dani, akhirnya musim MotoGP 2014 dimulai juga! Excited dan nervous sekaligus. Musim ini adalah musim ke-9 Dani Pedrosa di kelas utama tanpa gelar juara dunia. Apa di musim ini Dani akhirnya akan meraih gelar juara dunia pertamanya? Semoga saja.


Musim ini tak banyak perubahan di line up pembalap, di mana pembalap Marc Marquez dan Dani Pedrosa masih di Repsol Honda, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi masih di Yamaha. Paling Cal Crutchlow yang pindah ke Ducati dan jadi rekan setim Andrea Ianone. Dan beberapa muka baru, pembalap Moto2 yang naik kelas seperti Scott Redding dan Pol Espargaro. Dan perubahan terbesar ada di regulasi. Mulai musim ini, CRT dihapus dan digantikan oleh Open Class. Jadi, musim ini akan ada dua kategori, factory dan open class.

Beda kelas, maka beda juga perlakuannya. Perubahan regulasi terbesar dibandingkan musim lalu ada di pembatasan bahan bakar dan ban. Pembalap factory penggunaan bahan bakarnya dibatasi hanya 20 Liter (sebelumnya 21 liter) dan hanya 5 mesin yang tersegel untuk sepanjang musim. Sementara kategori open mendapat banyak keuntungan, bahan bakar 24 liter, 12 mesin yang masih bisa diubah-ubah, ban yang lebih lunak, dan kesempatan tes yang tak terbatas.

Dan baru 2 hari lalu, Dorna mengeluarkan aturan baru di mana tim factory yang tak pernah menang dalam dry race selama tiga tahun (dalam hal ini Ducati dan Suzuki, yang akan kembali mulai 2015), mendapat keuntungan seperti open class. Tapi, begitu mulai menang, mereka akan kehilangan keuntungan dari bahan bakar, lalu ban. Jika Ducati mendapat 1 kemenangan, 2 posisi kedua, atau 3 posisi ketiga selama dry race, maka bahan bakar akan berkurang dari 24 jadi 22 liter untuk tiap race. Dan jika Ducati menang 3 dry race, mereka akan kehilangan ban yang lebih lunak. Jika kondisi ini terjadi pada 2014, mereka akan membalap pada kondisi yang sama pada 2015.

Kenapa hanya sampai 2015? Karena di tahun 2016, MotoGP akan kembali pada satu kategori, semua dengan regulasi yang sama, spec software, 24 liter bahan bakar, dan 12 mesin.  

Tapi kita nggak akan membahas apa yang akan terjadi di 2016 nanti, yang terjadi musim ini aja sudah cukup aneh untuk dibahas. Dua kategori, dengan ketentuan yang tampak tak seimbang. Okelah, maksudnya biar selain factory (dalam hal ini Honda dan Yamaha) bisa lebih kompetitif, dan biar pengisi podiumnya bukan lagi muka yang itu-itu aja, tapi tetap aja rasanya aneh.


Sejauh ini, Honda dan Dani Pedrosa tampak sudah beradaptasi dengan baik dengan regulasi baru. Tes pra musim berjalan lancar. Dani happy dengan motornya, happy dengan penggunaan bahan bakarnya, happy dengan bannya, dan dari senyumnya yang semakin lebar, Dani jelas tampak semakin happy. Beberapa jurnalis yang biasa meliput kemanapun seri MotoGP bahkan bilang kalau Dani tampak lebih rileks dari tahun ke tahun. Dan bonusnya, kita jadi semakin sering melihat sisi Dani yang sebenarnya, he’s really a funny guy.



Semoga saja itu semua jadi pertanda baik untuk musim ini. Semoga pada akhirnya mimpi Dani terwujud. Semoga saja usaha Dani akhirnya membuahkan hasil. Semoga saja penantian panjang itu akhirnya berakhir, agar ada mimpi baru nantinya. Semoga senyum Dani semakin dan semakin lebar saja.


Perjuangan tetap masih akan berat dan panjang. Dengan semua perhatian yang tertuju pada persaingan Marquez dan Lorenzo, apakah Dani bisa menyeruak dan membuktikan kalau ia nggak bisa diremehkan?

Tentu saja bisa. Selama Dani percaya. Selama semua pendukungnya percaya. Jadi, mari berharap yang terbaik, Dani bebas cedera, dan nikmati satu demi satu racenya. Dan mari berharap untuk terbangun di race perdana ini, maklum racenya dini hari :p

And officially, selamat datang MotoGP musim 2014!



FIGHTIIIING OUR BABY SAMURAI!! Get the best out at each race, Dani!!

4 comments:

  1. mba berdoa aja ya supaya pedrosa nasibnya bagus gak sial mulu, masa dr thn 2006 malah teammate nya yg maju jd juara, barusan jatuh lorenzo

    ReplyDelete
  2. semoga akhirnya keberuntungan berpihak pada Dani, amiiiin.. :)

    ReplyDelete
  3. Wah.. Jagoannya Dani Pedrosa ya..
    Sama dong hahaha~
    Sayangnya pembalap mungil ini belum jurdun juga.. Sedih :(
    Ditambah Rossi yang sekarang bangkit keluar dari posisi 4
    Ya.. Semoga aja bang Dani bisa maju! Tetep support Dani Pedrosa '26'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa! Dani sering terkendala fisik juga sih, tapi semogaa bisa segera jurdun.
      Won't stop believing and supporting abang as always.. :)

      Delete